Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk ke Museum Kalbar, Ada Pameran Seni Rupa "Rasa Borneo Warna"

Kompas.com - 13/06/2017, 16:43 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Komunitas pegiat seni rupa se-Kalimantan menggelar pameran bertajuk "Rasa Borneo Warna" yang dipusatkan di komplek Museum Negeri Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, mulai tanggal 14 sampai 17 Juni 2017.

Pameran yang difasilitasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Pontianak dan Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Kurator Pameran, Eugene Yohanes Palaoensoeka mengatakan kegiatan ini merupakan program pendampingan untuk penguatan kinerja Taman Budaya yang meliputi kegiatan lainnya seperti workshop seni rupa yang pada tahun ini mengangkat tentang anyaman.

"Jadi selain pameran seni rupa, ini juga ada workshop yang mengangkat tentang anyaman berbahan dasar keladi air," ujar Yohanes dalam konferensi pers di komplek Museum Kalbar, Selasa (13/6/2017).

(BACA: Sotong Pangkong Khas Pontianak, Rasanya Enak dan Harga Terjangkau)

Yohanes menjelaskan, selain itu juga menggelar aneka lomba yang akan diikuti peserta dari tingkat SD, SMP, SMA dan umum. Pameran ini akan menampilkan beragam karya seni lukisan, ukiran/pahat, fotografi dan seni lainnya.

Sebagai tuan rumah, Kalimantan Barat mengikutsertakan 10 orang seniman. Kemudian ditambah seniman dari Kalimantan Timur 1 orang, Kalimantan Selatan 2 orang, Kalimantan Tengah 1 orang dan dari Sarawak, Malaysia sebanyak 3 seniman.

"Seniman yang berpartisipasi ini meliputi seluruh jenis seni dari seni rupa baik itu seni murni maupun seni terapan serta visual art," papar Yohanes.

(BACA: Lukisan Daun Bodhi Tarik Minat Turis Waisak di Borobudur)

Untuk itu, ia mengajak masyarakat pecinta dan penikmat seni yang ada di Kalbar, khususnya di Kota Pontianak untuk datang melihat hasil karya para perupa yang digelar selama tiga hari itu.

"Tentu kita harus bangga karena Kalbar menjadi tuan rumah dan ternyata Kalbar bisa bersaing dengan pulau-pulau lain di Indonesia," ujar Yohanes.

Senada dengan Yohanes, Kepala UPT Taman Budaya Pontianak, Sabar Hadi Duha mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia khususnya Direktur Kesenian yang mendukung kegiatan Taman Budaya di Kalbar.

Selain pameran ada juga workshop dan lomba. Materi semua ini tentu diharapkan bisa mengangkat kearifan lokal. "Melalui kearifan lokal kita harapkan bagaimana kebudayaan di Kalbar ini bisa terangkat dan sejajar dengan kebudayaan-kebudayaan dari daerah lainnya di Indonesia," katanya.

"Dengan usaha-usaha yang dilakukan pada saat ini mudah-mudahan membuat kebudayaan kita semakin meningkat," katanya.

Satu di antara seniman lukis, Jayus Agustono menyampaikan, pameran ini merupakan kesempatan bagi para perupa khususnya di Kalbar untuk menampilkan dan menunjukkan hasil karya yang telah dibuat kepada masyarakat umum.

"Kita berharap kegiatan seperti ini sering diadakan di Kota Pontianak. Dengan begitu seni kita akan maju," ujar Jayus.

Sebelumnya mereka juga menggelar pameran yang diselenggarakan di Rumah Betang. Puluhan karya seni lukisan ditampilkan dalam acara yang digelar komunitas perupa tersebut.

************************

Ingin mencoba wisata cruise gratis Singapura - Malaka - Singapura? Caranya gampang, ikuti kuis dari Omega Hotel Management di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com