Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Tradisi Leluhur dengan Suguhan Nasi Liwet

Kompas.com - 15/06/2017, 21:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Liwet yang merupakan salah satu proses memasak nasi khas Indonesia ternyata telah ada sejak zaman nenek moyang. Terbukti dengan tercatatnya nasi liwet dalam buku Serat Centhini (1814-1823).

Menurut Ahli Gastronomi Indonesia, Murdijati Gardjito, liwet adalah proses memasak yang sangatlah tua, dan termasuk yang sederhana.

“Proses memasak khas Indonesia ini sudah tersebar di Pulau Sumatera dan Jawa mulai nenek moyang, dan saat ini lahirlah nama-nama ragam kuliner di berbagai daerahnya hasil proses liwet itu,” ujar Mudijati yang juga peneliti di Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gajah Mada (UGM).

Salah satu produknya ialah Nasi Liwet Solo, yang dalam selametan orang Jawa disebut nasi wuduk. Nasi wuduk sendiri kerap hadir dalam selametan seperti “dhahar rasulan” yang dilakukan untuk keperluan selametan atau hidangan saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Wuduk di dhahar rasulan, kelengkapan lauknya berbeda dengan nasi liwet solo. Yaitu sambal pecel, sambal pencok, lalapan (mentimun, ketimun, kubis, tauge pendek, daun kemangi), krupuk kulit sapi, ingkung ayam jago,” ujarnya.

Salah satu Profesor Sastra Jawa Universitas Indonesia, Parwatri, menambahkan bahwa nasi hasil liwetan juga biasa disajikan dalam upacara adat Jawa yaitu wilujengan Jawa. Seperti malam midodareni yang merupakan syukuran sebelum upacara pernikahan berlangsung.

“Juga pada malam midodareni. Jam 24 diadakan majemukan doa dengan sesaji ambengan nasi liwet lauknya opor ingkung, trancam (kol, kecambah mentah, bawang merah utuh, dan bumbu urap), pecel pitik (ayam panggang suwir bumbu pecel), dan krupuk kulit (rambak),” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com