Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancol Terapkan Parkir Sentral Saat Libur Lebaran, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 20/06/2017, 19:01 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Taman Impian Jaya Ancol menerapkan sistem parkir terpusat pada tanggal 26-28 Juni. Hal itu mengantisipasi kepadatan kawasan Ancol selama libur Lebaran 2017.

Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, mengatakan pengaturan parkir tersebut lantaran untuk memaksimalkan lahan parkir yang ada di Taman Impian Jaya Ancol. Lokasi parkir pengunjung akan dipusatkan di area parkir Pantai Carnaval.

"Untuk masuk ke Ancol karena kapasitas kita terbatas, kami ada pembagian jam buka tutup. Kami isi dulu yang di parkir Pantai Carnival," kata Sahir dalam jumpa pers di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Senin (19/6/2017).

(BACA: Libur Lebaran, Kereta Sato-sato di Ancol Beroperasi 25 Juni)

Ia mengatakan pihaknya akan mengarahkan semua pengunjung yang masuk ke dalam Ancol untuk parkir ke area Pantai Carnaval. Pihaknya, juga akan memberlakukan pengalihan arus masuk Taman Impian Jaya Ancol.

Pengunjung yang datang pada pukul 05.00 hingga pukul 10.00 WIB hanya bisa masuk melalui gerbang Carnaval dan gerbang Marina. Sementara itu, setelah pukul 10.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB pengunjung bisa masuk melalui semua gerbang.

"Jam 10.00 sampai 00.00 WIB itu pintu kita dibuka semua. Pintu Marina khusus untuk keluar. Pengunjung silakan bertanya kepada petugas dan lihat peta Ancol," jelasnya.

Pengunjung disarankan mengarahkan kendaraannya langsung ke area Pantai Carnaval. Perlu diperhatikan adalah dari pukul 05.00 - 10.00 WIB hanya gerbang Carnaval dan gerbang Marina yang dibuka untuk masuk.

Adapun lokasi parkir yang disediakan cukup menampung sekitar 13.000 mobil dan 21.000 sepeda motor. Jumlah tersebut merupakan kapasitas area parkir yang tersebar di area timur, barat, selatan, dan utara wilayah rekreasi Ancol.

Sahir menambahkan, dari tiap lokasi parkir tersebut sudah disediakan moda transportasi massal yang memadai, yaitu Bus Wara-wiri dan Kereta Sato-sato. Ada transportasi lain yang bisa digunakan dari dekat titik-titik parkir yaitu Ourbike.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com