Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keliling Surabaya Dalam Sehari, Ini 5 Destinasi Wisata Favorit

Kompas.com - 21/06/2017, 06:38 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Berbagai destinasi menarik dapat kita datangi di Surabaya, Jawa Timur. Kota pahlawan ini menyuguhkan banyak destinasi bertemakan kolonial, religi, hingga bahari.

Berniat melancong ke Surabaya tapi tak punya banyak waktu, Anda bisa menelusuri rute berikut. KompasTravel mencoba menelusuri destinasi-destinasi menarik di Kota Surabaya dalam waktu satu hari.

1. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo ini merupakan salah satu densinasi relgi yang ada di Surabaya. Masjid ini merupakan salah satu bangunan peninggalan pasukan Laksamana Cheng Hoo saat ekspedisi ke Indonesia.

Destinasi ini berada tak jauh dari kota, tepatnya di Jalan Gading, Ketabang, Surabaya.

KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wujud Masjid Laksamana Muhammad Cheng Hoo yang merupakan akulturasi antara arsitektur tionghoa, timur tengah dan Jawa.
Sejak pagi hari, di sana Anda bisa berbincang dengan warga sekitar keturunan tionghoa, tentang sejarah masyarakat mereka.

(BACA: Berkunjung ke Surabaya? Jangan Lupa Membeli 5 Oleh-oleh Ini)

Di sini pun Anda bisa belajar tentang toleransi dan perbedaan. Di dalam area masjid terdapat kios suvenir khas masjid ini, jasa pengobatan tradisional, hingga aneka jajanan.

2. Monumen Kapal Selam

Menjelang siang Anda bisa menuju destinasi Monumen Kapal Selam. Bangunan kapal besar terpajang gagah di sisi Sungai Kalimas, tepatnya di Jalan Pemuda, bersebelahan dengan Plaza Surabaya.

(BACA: Ini Tempat Nongkrong Sambil Belajar Sejarah Kota Surabaya)

Di sana Anda bisa belajar mengenai kemaritiman, dengan masuk ke dalam kapal selam. Mulai dari ruangan terdepan, tempat melontar rudal, ruang navigasi kapal, hingga ruang mesin di bagian belakang.

KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Monumen Kapal Selam, merupakan museum kapal selam dari jenis kapal KRI Pasoepati 410 yang bertempur saat membebaskan Irian Barat 1960.
Selain itu di destinasi ini terdapat studio sinema tempat menyaksikan film kejayaan maritim Indonesia. Terutama saat pembebasan Irian Barat menggunakan kapal selam Pasopati 410. Masuklah ke dalam kapal selam dan rasakan bagaimana suasana di dalamnya.

3. Tugu Pahlawan dan Monumen 10 Nopember

Destinasi inilah yang merekam semangat dan kisah bersejarah perjuangan arek Suroboyo berperang melawan pasukan Sekutu dan Belanda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com