Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TeamLab Future Park Pilihan Wisata Warga Jabodetabek

Kompas.com - 28/06/2017, 10:21 WIB
Cahyu Cantika Amiranti

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Libur lebaran tahun ini cukup panjang. Anak-anak sekolah libur selama dua minggu berbarengan dengan perpindahan tahun ajaran baru. Sedangkan, pegawai mendapat cuti bersama sekitar enam hari.

Sebagian besar pekerja memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur. Bagi yang mudik ke luar kota, umumnya mereka akan menetap di sana selama hingga akhir waktu liburan atau lanjut ke kota lain. Sementara itu, bagi warga yang tinggal di dalam kota, mereka akan pergi ke tempat wisata di sekitar tempat tinggalnya.

Salah satu tempat wisata yang menjadi pilihan di Jabodetabek adalah TeamLab Future Park. Wisata edukatif ini berada di lantai 5 Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Di sana, wisatawan bisa melatih kreativitas dan belajar melalui teknologi digital yang memadukan seni dan sains.

Beberapa permainan yang ada di sana antara lain, layar akuarium digital yang memamerkan makhluk laut hasil pewarnaan pengunjung, bola warna-warni yang dapat mengeluarkan suara, engklek digital, dan penataan kota.

Saat Kompas.com berkunjung ke sana pada Selasa (27/6/2017), sekira 1.000 pengunjung yang membeli tiket. Bahkan, sudah ada yang memesan untuk esok hari karena tiket hari ini tinggal tersisa untuk sesi terakhir, yaitu jam 20.00-22.00 WIB.

“Selama libur lebaran ini, ada peningkatan jumlah pengunjung. Dalam sehari ada sekitar 1.000-1.200 pengunjung. Di hari-hari biasa, lebih kurang 500-700 pengunjung saja,” ujar Manajer Event dan Promosi Plaza Indonesia, Amalia Andayani, kepada Kompas.com (27/6/2017).

KOMPAS.com/Cahyu Cantika Amiranti Anak sedang bermain Hopscotch for Geniuses di TeamLab Future Park, Plaza Indonesia
Pengunjung yang ingin bermain sambil belajar di TeamLab Future Park, akan terbagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 10.00-12.00, sedangkan sesi terakhir berlangsung pada pukul 20.00-22.00.

Pada setiap sesi yang berdurasi dua jam tersebut, jumlah pengunjung dibatasi maksimal 200 orang agar tidak berdesak-desakan. Pengunjung boleh keluar sebelum waktu dua jam habis, namun tidak boleh melebihi durasi itu.

Sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat bermain edukasi asal Jepang tersebut berasal dari wilayah Jabodetabek. Mereka datang karena rasa penasaran. Jarak rumah yang cukup jauh pun tidak menjadi penghalang.

“Kebetulan liburan enggak ke luar kota, jadi penasaran datang ke sini. Soalnya bingung mau ke mana lagi, apalagi di sini tempatnya enak (dingin),” ucap salah satu pengunjung dari Tangerang, Dita.

Begitu juga dengan Ayu, yang datang dari Bekasi. Dia mengajak kedua buah hatinya, yang berusia 14 dan 6 tahun, ke sana karena ingin melihat sesuatu yang baru.

“Ini kan baru pertama kali ada di Indonesia, jadi ingin lihat. Ternyata, bagus banget untuk melatih kreativitas anak. Anak-anak senang banget,” kata dia.

KOMPAS.com/Cahyu Cantika Amiranti Anak melihat makhluk laut di Sketch Aquarium TeamLab Future Park, Plaza Indonesia
Tak hanya orangtua yang berinisiatif mengajak anaknya ke sana, ada pula anak yang meminta orangtuanya untuk bermain di sana. Contohnya, Chika yang berusia 11 tahun.

Dia mengajak orangtuanya berangkat dari Cibubur untuk bermain di TeamLab Future Park. Chika memiliki keinginan ke sana setelah mendengar cerita temannya.

“Aku paling suka sama Sketch Aquarium (aquarium digital) dan Sketch Town (menggambar gedung dan kendaraan yang bisa di-scan ke layar), karena aku suka menggambar dan mewarnai,” ujarnya.

Bagi masyarakat Jabodetabek dan seluruh kota di Indonesia lainnya yang ingin berwisata di TeamLab Future Park, masih memiliki kesempatan hingga 8 Oktober 2017. Harga tiketnya adalah Rp 100.000 untuk anak-anak dan Rp 120.000 untuk orang dewasa pada hari biasa. Sementara itu, pada akhir pekan harga tiket anak-anak menjadi Rp 120.000 dan tiket orang dewasa Rp 150.000.

Selamat berlibur!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com