Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahok Ulang Tahun, Ini Daftar Makanan Favoritnya

Kompas.com - 29/06/2017, 14:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok merayakan ulang tahunnya yang ke-51. Di usia yang lebih dari setengah abad, banyak doa diberikan oleh penggemar kepada Ahok.

Tahukah Anda, Ahok sebenarnya punya deretan makanan kesukaan yang kebanyakan berasal dari kampung halamannya, Belitung. Berikut adalah makanan kesukaan Ahok yang dirangkum KompasTravel.

1. Pisang 40 Hari

Menurut istri Ahok, Veronica Tan saat berbincang di Radio Sonora, Kamis (2/10/2014), Ahok ternyata sangat suka makan pisang. Jenis pisang yang Ahok suka adalah pisang 40 hari, salah satu jenis pisang yang mirip dengan pisang lampung. Berukuran kecil dan berasal dari Bangka Belitung. Pisang tersebut selalu ada di meja kerja Ahok dan biasanya ia santap setelah makan.

2. Ayam ketumbar

Saat pulang kampung untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan warga sekampung, Ahok sangat suka menyantap hidangan ayam ketumbar dan ketupat. Alhasil, ketika diwawancara bulan September tahun 2016 ia mengaku beratnya naik hingga mencapai 96 kilogram karena menyantap hidangan kesukaannya.

3. Durian

Banyak orang yang suka buah durian, tak terkecuali Ahok. Dari kecil Ahok suka makan durian, hingga tak terasa satu buah durian habis dimakannya sendiri. Untuk itu ia punya kiat tersendiri agar terhindar dari kolesetrol dan asam lambung akibat banyak makan buah durian.

"Air panas dikasih garam, garam itu nurunin asam lambung, NaCI itu nurunin asam lambung. Jadi minum air garam," kata Ahok yang lebih suka durian dari kampung halamannya, Belitung.

4. Mie goreng seafood khas Bangka

Ahok juga terkenal suka menyantap hidangan laut. Tahun 2013, ia pernah mengundang koki Eddrian yang handal memasak hidangan Bangka. Salah satu hidangan favoritnya adalah mie goreng seafood khas Bangka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com