Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, Kawah Papandayan Dipadati Ribuan Wisatawan

Kompas.com - 30/06/2017, 10:17 WIB
Ari Maulana Karang

Penulis

GARUT, KOMPAS.com - Sedikitnya 3.000 wisatawan yang menghabiskan libur Idul Fitri mendatangi obyek wisata Kawah Papandayan di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tri Persada, Direktur Utama PT Alam Indah Lestari mengungkapkan, sejak hari raya Idul Fitri, tingkat kunjungan wisatawan ke kawah Papandayan mengalami peningkatan hingga 100 persen dan diprediksi akan terus meningkat hingga akhir pekan nanti.

"Sejak Lebaran kemarin sudah lebih dari 3 ribu pengunjung yang masuk ke kawah Papandayan," jelasnya.

(BACA: Cocok untuk Pemula, Ini Panduan Lengkap Mendaki Gunung Papandayan)

Memasuki liburan hari raya ini, menurut Tri, pihaknya tidak menaikkan tarif karcis masuk ke kawah Papandayan. Pengunjung pun, akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas baru yang dibangunnya.

"Akses jalan sudah bagus, menara pandang diperbaiki, keamanan juga disiapkan," katanya.

(BACA: Bule Ini Mendaki 21 Gunung di Indonesia Dalam Sebulan)

Sefrika (20), mahasiswa Universitas Indonesia (UI) asal Cibubur Jakarta Timur, salah satu pengunjung kawah Papandayan mengungkapkan, kunjungannya kali ini adalah yang kedua kalinya.

Dibanding dahulu saat sebelum dikelola swasta, penataan memang lebih baik. "Di Pondok Salada ada security yang terus keliling mantau yang camping, jadi merasa lebih aman karena masih banyak babi," katanya.

Sefrika melihat ada perubahan besar memang sejak kawasan Gunung Papandayan dikelola swasta.

Namun, sayangnya tiket masuk masih terbilang mahal, terutama untuk yang hendak kemah seperti dirinya. "Biaya masuk Rp 30 ribu, kalau mau camping tambah lagi Rp 35 ribu per orang," katanya.

Hal yang sama diungkapkan oleh pasangan suami-istri Barkah (45) dan Ayu (45) asal Jakarta. Menurutnya, penataan kawasan wisata Papandayan memang baik sebagai wisata alam keamanan pun bagus. Mereka berharap ada tambahan fasilitas umum seperti wc.

"Tahu dari internet ada lokasi Papandayan ini, kebetulan memang suka camping," ujar pasangan suami-istri yang telah dua malam berkemah di bumi perkemahan di kawasan wisata Papandayan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com