Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seru! Plt Gubernur Bengkulu "Duel Silat" dengan Anggota DPD RI

Kompas.com - 04/07/2017, 20:11 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Duel silat antara Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Ahmad Kanedi, berlangsung seru, Senin (3/7/2017).

Suasana duel silat tersebut semakin menimbulkan kesan magis ketika serunai ditiupkan berkepanjangan. Kedua pihak saling serang, dan tangkis. Teriakan semangat dari kedua pesilat dan penonton turut juga menyemarakkan suasana.

Sekitar lima menit pertarungan disudahi kedua petarung saling bersalaman dan memberikan salam hormat.

(BACA: Tradisi Opoi Malem Likua dan Api Jagau di Bengkulu)

Duel silat antara Plt gubernur dan anggota DPD RI itu merupakan tarian silat Berendai yang cukup populer di kalangan Suku Serawai yang menempati wilayah Bengkulu.

(BACA: Pulau Tikus, Destinasi yang Sedang Hit di Bengkulu)

Pertarungan seru kedua tokoh tersebut dikemas dalam Festival Semalam di Serawai oleh Ahmad Kanedi. Ada banyak seni budaya serawai ditampilkan selain Tari Berendai.

Seni budaya Serawai yang ditampilkan itu meliputi, Tari Andun, Tari Obor, dan sebagainya.

Ahmad Kanedi menyebutkan Festival Semalam di Serawai tersebut dilakukannya dalam upaya melestarikan budaya serawai yang mulai ditinggalkan.

"Ini sebagai bentuk mengingat, melestarikan budaya masyarakat Suku Serawai, kegiatan seperti ini harus terus dilakukan," kata Ahmad Kanedi.

Suku Serawai merupakan salah satu suku terbesar yang mendiami Bengkulu. Selain Suku Serawai terdapat pula Suku Rejang, Pekal, dan Enggano yang menempati wilayah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com