Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per 10 Juli 2017, Saudi Arabian Airlines "Hijrah" ke Terminal 3 Soetta

Kompas.com - 09/07/2017, 08:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Terhitung mulai tanggal 10 Juli 2017, seluruh penerbangan Saudi Arabian Airlines akan beroperasi di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sebelumnya, diketahui Saudi Arabian Airlines beroperasi di Terminal 2 Internasional.

Standar pelayanannya pun lebih ditingkatkan. Adapun rute yang akan dilayani serupa seperti di Terminal 2, yakni tujuan Jeddah, Riyadh dan Madinah. Seluruh penerbangan ini akan menggunakan pesawat wide body Boeing 777-300 ER.

Persiapan dalam perpindahan operasional tersebut diutarakan Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan. PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Bandara Soekarno-Hatta telah merancang perpindahan operasional tersebut dengan kematangan yang lebih baik.

“Dari sisi pelayanan dan fasilitas, baik dari sisi airside dan landside sudah kami persiapkan," tutur Wakan seperti dikutip dari siaran pers yang diterima KompasTravel.

Terminal 3 Internasional dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti Baggage Handling System (BHS) dan layar Flight Information Display System (FIDS) dengan teknologi termodern. Tak lupa aplikasi smartphone yang mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu juga terdapat total 32 autogate imigrasi, di mana masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate imigrasi kedatangan.

“Kita juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” terang Wakan.

Pada security check point sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan dari dua unit body scanner, akan ditambah total menjadi enam unit body scanner guna mendukung terwujudnya keamanan serta keselamatan saat di terminal maupun pesawat.

Sejumlah tenant makanan dan minuman juga sudah ramai membuka gerainya untuk melayani kebutuhan para penumpang pesawat rute internasional dan pengunjung terminal. Untuk mendukung pengoperasian tersebut, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melengkapi berbagai fasilitas pendukung yang sudah dialokasikan di Terminal 3.

Seperti check-in counter, free wifi, free internet booth, free charging booth, contact stand, Ground Support System (GSS), dan dalam waktu dekat juga akan tersedia self check-in di Internasional.

"Prinsipnya pelayanan di Terminal 3 dipastikan akan lebih baik, sehingga akan memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa bandara," tutup Wakan.

Menyusul selain Saudi Arabian Airlines, dalam waktu dekat akan ada beberapa maskapai yang juga akan memindahkan operasinya di Terminal 3. Antara lain Vietnam Airlines, Korean Air, dan Xiamen Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com