Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wow... Ada Bakso Hamil dan Beranak di Banyuwangi

Bakso hamil berbeda dengan bakso pada umumnya karena ukurannya super jumbo bahkan beratnya bisa mencapai 2 kilogram dan bisa dinikmati oleh belasan orang sekaligus.

Eko Nur Andiyanto (20), pemilik warung Bakso Andre kepada KompasTravel, Kamis (8/12/2016) mengatakan ada 3 ukuran bakso hamil yang disediakan yaitu bakso hamil 3 bulan dengan berat setengah kilogram, bakso hamil 7 bulan dengan berat 1 kilogram dan bakso hamil 9 bulan dengan berat 2 kilogram.

"Saya menjamin jika bakso hamil yang kami sajikan 100 persen adalah daging sapi asli yang berkualitas dan pastinya matang di bagian dalam. Tidak usah khawatir," kata mahasiswa jurusan ekonomi manajemen tersebut.

Sebelum menjual bakso hamil di warungnya, Eko mengaku sejak tahun 2015 dia beberapa kali menerima pesanan bakso ukuran jumbo dari kerabat terdekat untuk pesta ulang tahun atau syukuran.

"Akhirnya terpikirlah untuk membuat bakso hamil yang harapannya adalah untuk menjaga kebersamaan antara keluarga, teman karena makannya bisa bareng-bareng," katanya.

Bakso Beranak

Sementara untuk bakso beranak, menurut Eko, idenya muncul setelah bakso hamil banyak yang memesan. Bakso beranak bentuknya sedikit lebih pipih dan jika akan dikonsumsi harus dibelah di bagian samping.

Di dalam bakso beranak ada tujuh bakso yang berukuran lebih kecil dan telur rebus di bagian tengahnya. "Kalau ini biasanya cukup dikonsumsi antara dua sampai 3 orang karena beratnya juga hampir setengah kilogram," jelas Eko.

Bakso Bareng

Namun masih ada satu varian lagi yang harus di coba yaitu bakso bareng yaitu bakar goreng. Dalam satu porsi bakso bareng ada bakso kuah, bakso goreng dan bakso bakar dengan sambal di atasnya.

Eko menjelaskan bakso hamil, bakso beranak dan bakso bareng hanya dijual di Bakso Andre cabang yang ada di Jalan dr Sutomo nomor 54 atau di di depan Kantor Pertanahan Nasional Banyuwangi.

Sementara untuk Bakso Andre pusat yang berada di Simpang Lima Banyuwangi tetap bertahan dengan menyajikan menu bakso yang dijual sejak tahun 1994.

"Bapak dulu jualan bakso sejak tahun 1994 pakai rombong dorongan kemudian membuka warung bakso yang ada di Simpang Lima. Dan di sana selalu ramai pengunjung sehingga kami memutuskan membuka cabang lagi di sini dengan konsep yang beda yaitu bisa makan bareng-bareng bersama keluarga bukan di bangku-bangku panjang. Jadi di sini lebih nyaman dan bisa santai serta ada akses wifi," katanya.

Jika memesan bakso hamil atau bakso beranak, maka pelanggan akan mendapatkan kuah terpisah di mangkuk yang jumlahnya sesuai dengan pemesan. Selain itu juga disediakan pisau tajam untuk memotong bakso menjadi ukuran lebih lebih kecil.

Reni, salah satu pembeli kepada KompasTravel mengaku rasa daging bakso Andre sangat terasa dan matang bagian dalam. "Baksonya terasa banget, dagingnya kenyal, nggak alot dan dagingnya padet. Pokoknya enak. Cocok buat makan bareng-bareng," ujarnya.

Tertarik untuk menikmati bakso hamil? Anda harus menyiapkan Rp 220.000 untuk bakso hamil 9 bulan, Rp 110.000 untuk bakso hamil 7 bulan, Rp 55.000 untuk bakso hamil 3 bulan dan bakso beranak.

Tidak akan rugi karena sekali mengunyah maka tidak ingin berhenti. Tapi ingat jangan pernah makan bakso ini seorang diri.

https://travel.kompas.com/read/2016/12/09/095605327/wow--ada-bakso-hamil-dan-beranak-di-banyuwangi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke