Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ironman 70.3 Kembali Digelar di Bintan, Kali Ini Lebih Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang sport tourism Indofood Ironman 70.3 siap digelar di Bintan. Ajang triathlon terbaik ketiga di dunia ini akan kembali meramaikan pariwisata Pulau Bintan pada 20 Agustus 2017.

"Triathlon Ironman 70.3 Bintan ini paling pesat perkembangannya, nilai kepuasan atlet sampai 95 persen, juga menjadi ketiga terbaik setelah Jerman dan Perancis. Oleh karena itu tahun ini kita adakan lagi lebih meriah dan besar," ujar I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, Rabu (12/7/2017).

Triathlon yang merupakan sport tourism ini menggabungkan olahraga renang, sepeda, dan lari yang dilakukan sepanjang rute 70.3 mil atau 112,9 kilometer. Perlombaan ini akan dimulai pada pagi hari dengan berenang sejauh 1,9 kilometer.

Peserta mulai start di Plaza Lagoi, pusat pengembangan pariwisata Teluk Lagoi di zona khusus Bintan Resort. Selanjutnya, para peserta akan bersepeda sejauh 90 kilometer di jalanan yang mulus dan lebar.

Di sini peserta akan disuguhkan banyak panorama, mulai dari perbukitan hingga pantai. Di akhir lomba, para peserta akan berlari sejauh 21 kilometer. Rute ini dilalui peserta dalam dua putaran, dan diklaim memiliki panorama lebih menarik ketimbang penyelenggaraan tahun sebelumnya.

"Tahun ini Indofood Ironman 70.3 lebih besar dengan target 1.400 peserta, dan rute yang sedikit berbeda dari tahun kemarin," jelas Nathalie Marquet, CEO Metasport sebagai penyelenggara Ironman 70.3 saat konferensi pers di Crumble Crew Resto, Rabu (12/7/2017).

Untuk peserta, Nathalie berharap 82 persen dari mancanegara dan 18 peserta nasional. Sampai konferensi pers perlangsung, jumlah pendaftar sudah mencapai 1.200 orang dari 42 negara.

Wisatawan mancanegara yang mendaftar mayoritas berasal dari Singapura, Filipina, Australia, dan Jepang. Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Lucky, menyambut baik diadakannya Indofood Ironman 70.3.

Menurut Lucky, tingkat kepuasan peserta sangat tinggi. Terbukti tahun ini, banyak peserta tahun lalu yang ikut kembali.

"Wisatawan yang datang minimal stay di Bintan itu tiga hari. Pertama dia latihan, lalu lomba, dan terakhir istirahat sambil liburan. Kalau wisatawan mancanegara itu jarang sendiri, pasti bawa supporter atau orang lain," ungkap Lucky.

Ia berharap tahun 2020, Bintan bisa menjadi tuan rumah gelaran Triathlon Ironman 70.3 World Championship.

https://travel.kompas.com/read/2017/07/12/214333327/ironman-70.3-kembali-digelar-di-bintan-kali-ini-lebih-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke