Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Lagi, karena Jepang Tak Cuma Tokyo...

Modern dan tradisional. Keduanya saling berdampingan menghasilkan suatu kombinasi yang luar biasa. Boleh jadi, inilah yang menjadi ketertarikan sendiri bagi para turis untuk berkunjung ke negara dengan empat musim itu.

Jepang terdiri dari 6.852 pulau dan menjadikannya sebagai negara kepulauan. Pulau-pulau utamanya yang tersebar dari utara ke selatan meliputi Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Okinawa sendiri merupakan pulau paling bawah yang memiliki bahasa daerahnya sendiri.

Memang, para turis yang datang ke Jepang umumnya hanya mengenal Tokyo sebagai pusat destinasi. Tapi, sebenarnya ada banyak daerah wisata di negara ini.

Tiap pulau di Jepang punya banyak sekali obyek wisata yang memiliki keunikan masing-masing. Semua serba ada, mulai keindahan alam, kemegahan arsitektur, sejarah, budaya, maupun aktivitas masyarakat setempatnya.

Lewat buku Japan Beyond Tokyo yang diterbitkan Bhuana Ilmu Populer, penulisnya, Evan Yovian, mengajak wisatawan untuk menjelajahi Jepang.

Tidak hanya Tokyo! Siapapun pembaca buku ini akan dibawa untuk mendatangi tempat-tempat wisata terbaik di Jepang.

Dinginnya Hokkaido

Hokkaido merupakan pulau paling utara Jepang yang identik dengan salju. Jadi, tidak heran kalau aktivitas yang bisa dinikmati di sini tidak lepas dari salju, mulai snow festival, ski, atau Hokkaido Ice Breaker Cruise atau sensasi berlayar di atas lautan yang membeku dengan kapal khusus pemecah lapisan es.

Nah, khusus yang datang pada musim dingin, Anda bisa berkunjung ke Asahiyama Zoo. Di tempat ini Anda dapat menyaksikan dari dekat gerombolan penguin yang berjajar rapi menyusuri kebun binatang.

Catat tanggalnya! Karena, parade ini berlangsung mulai Desember hingga Februari. Itu pun diadakan sebanyak dua kali dalam satu hari.

Honshu, Si Jantung Kota

Tidak tahan cuaca dingin di Hokkaido? Datang saja ke Honshu, pulau terbesar yang juga dikenal sebagai pulau utama Jepang.

Di pulau inilah wisatawan bisa menikmati kota-kota besar yang terkenal, termasuk Tokyo, ibu kota Jepang. Selain itu, ada juga Osaka sebagai salah satu pusat bisnis Jepang.

Perlu diketahui, jika Kyoto dikenal sebagai kota kebudayaan, Kobe adalah kota penghasil daging sapi berkualitas.

Pernah dengar Sendai? Kota ini dulunya dikuasai oleh salah satu daimyo atau dalam konteks masyarakat samurai di Jepang merujuk pada samurai yang memiliki hak atas tanah yang luas dan memiliki banyak pengikut terkuat.

Mari bersepeda

Puas keliling Honshu, Anda bisa mengunjungi pulau selanjutnya, Shikoku. Di pulau ini, Anda juga bisa bersepeda melewati Shimanami Kaido, yang berada di prefektur Ehime.

Shimanami Kaido adalah jalur sepeda yang menghubungkan kota Onomichi (Hirosima) di Pulau Honshu dan kota Imabari (Ehime) di Pulau Shikoku.

Tidak punya sepeda? Tenang, ada beberapa terminal untuk penyewaan sepeda, baik di Onomichi maupun Imabari.

Penduduk tertua di Kyusu

Jika memilih Kyusu sebagai destinasi jalan-jalan, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi Kumamoto.

Kumamoto adalah salah satu prefektur di Jepang yang terletak di Pulau Kyushu. Di sini terdapat banyak penduduk berusia ratusan tahun karena kebiasaan mereka hidup dan mengonsumsi makanan sehat.

Nah, percaya kan kalau Jepang itu bukan cuma Tokyo? Yuk, rancang perjalanan dari buku ini dan nikmati Jepang!

(MARINA ARIYANI/BHUANA ILMU POPULER)

https://travel.kompas.com/read/2017/08/01/150201427/cek-lagi-karena-jepang-tak-cuma-tokyo-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke