Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yuk, Nonton Jember Fashion Carnaval, Ada Presiden dan Menpar

JFC sekarang bahkan sudah diakui sebagai agenda yang ada di peringkat ketiga karnaval terbesar di dunia.

”Saya sangat mengapresiasi kreativitas yang dibawakan para talent serta jajaran manajemen JFC yang semakin baik dari tahun ke tahun. Merupakan kebanggaan bagi kita semua mengetahui JFC kini berada di peringkat ketiga karnaval terbesar di dunia,” kata Wakil Bupati Jember, A Muqit Arief, Sabtu (12/8/2017) dalam siaran pers Kementerian Pariwisata.

(BACA: Kementerian Pariwisata Tetapkan Jember Sebagai Kota Karnaval)

Dalam JFC 2017 ini, tema besar yang diusung adalah 'Victory'. Nuansanya berisi 10 tema unik yang mempresentasikan perjalanan JFC dalam meraih prestasi di level dunia dalam kategori National Costume.

Ke-10 tema unik itu antara lain Srivijaya Empire, Bali, King of Papua, Mystical Toraja, Siger Crown Lampung, Borneo, Chronicle of Borobudur, Mythical Toraja, Wonderful of Betawi dan Unity in Diversity.

(BACA: Mengapa Harus Liburan ke Jember?)

Edisi 2017 menjadi karnaval paling istimewa karena akan ditonton juga secara langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Menpar Arief Yahya pada puncak acara, Minggu (13/8/2017).

"Sangat istimewa. Insya Allah akan ditonton Presiden Joko Widodo dan Menpar Arief Yahya," kata Dynand. Sabtu siang, Presiden Jokowi dan Menpar Arief Yahya sudah tiba di Jember.

Memasuki hari ketiga kemarin, JFC menyajikan Artwear Carnival. Dalam sesi tersebut, ditampilkan busana eksotis musim dingin.

Idenya terkesan agak aneh. Sedikit nyeleneh. Maklum, Indonesia negara tropis. Matahari selalu bersinar terik hampir sepanjang hari. Tapi yang ditampilkan, justru busana musim dingin di negara-negara Barat.

“Ini perpaduan konsep busana dan aksesoris dalam Art Wear Carnival merupakan terobosan baru dalam penyelenggaraan JFC tahun ini,” ucap Dynand.

Total peserta harus berjalan sejauh 2 kilometer. Meski begitu, semua peserta terlihat senang.

Selain perwakilan provinsi, tiga kabupaten tetangga Jember, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Lumajang, berpartisipasi dalam karnaval yang menyajikan budaya khas daerah tersebut. (*)

https://travel.kompas.com/read/2017/08/13/071500727/yuk-nonton-jember-fashion-carnaval-ada-presiden-dan-menpar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke