Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fotografer Pun Ikut Kompetisi Foto Burung di TN MataLawa Sumba

Sebanyak 55 fotografer, mahasiswa, wartawan, kalangan pecinta foto juga salah satu direktur media massa Indonesia ikut lomba foto dan birdrace.

(BACA: Tertarik Mengamati Burung? Datanglah ke Flores)

Mereka berada di kawasan hutan Taman Nasional MataLawa Sumba untuk mengambil gambar burung Endemik Sumba.

Kompetisi ini dilaksanakan dari 18 Agustus hingga 22 Agustus 2017 di lokasi Taman Nasional MataLawa Sumba.

(BACA: Sumba Timur Kembangkan Ekowisata)

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Balai Taman Nasional MataLawa Sumba untuk mempromosikan keunikan-keunikan alam Pulau Sumba, khususnya burung endemik di Pulau Sumba.

(BACA: Bertemu Edelweis di Puncak Wanggameti Pulau Sumba)

Surahman menjelaskan, Pulau Sumba sangat kaya dengan keanekaragaman hayati yang berada di dalam kawasan Taman Nasional MataLawa.

Untuk itu, promosi secara terus menerus dengan berbagai kegiatan terus dilakukan. Salah satu kegiatannya adalah menghadirkan fotografer profesional, wartawan, mahasiswa maupun kalangan pehobi foto di Indonesia.

(BACA: Inilah Tempat-tempat Terbaik Mengamati Burung Elang Flores)

"Sejak 18 Agustus 2017 para peserta kompetisi berada di dalam kawasan hutan Taman Nasional MataLawa untuk memulai memotret burung serta melakukan birdrace. Bahkan, kegiatan lomba dihadiri oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Wiratno,” katanya.

Salah satu peserta Kompetisi Lomba Foto Burung dari Flores, Yohanes Jehabut kepada KompasTravel, Jumat (18/8/2017) mengungkapkan dirinya sangat tertarik dengan alam dan dunia burung.

“Saya bangga bisa mengikuti pertandingan ini sekaligus saya melakukan survei untuk mempromosikan keunikan burung endemik Pulau Sumba. Sekaligus mencari peluang untuk membuat paket perjalanan wisata di Pulau Sumba untuk mengamati burung endemik Sumba,” katanya.

Jehabut, Pendiri Kampung Ekologi Mbeling, Desa Gurung Liwut, Kecamatan Borong, Manggarai Timur, menjelaskan turis asing sangat suka wisata ekologi. Mereka senang berkeliling di persawahan di areal pertanian di Flores, juga mengamati burung yang endemik di Pulau Flores.

Jehabut menambahkan, selain dirinya dari Pulau Flores yang ikut lomba foto burung di Taman Nasional MataLawa adalah Leonardus Nyoman. "Kami juga melakukan survei untuk menjual paket wisata ke Pulau Sumba, khusus wisatawan minat khusus yang mengamati burung," katanya.

https://travel.kompas.com/read/2017/08/21/072800327/fotografer-pun-ikut-kompetisi-foto-burung-di-tn-matalawa-sumba

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke