Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Ingin Karnaval Kemerdekaan Berdampak Positif untuk Pariwisata Daerah

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ingin Karnaval Kemerdekaan berdampak positif untuk pariwisata daerah serta masyarakat setempat. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Teten Masduki.

"Krnaval memang ide Pak Jokowi. Presiden ingin tiga hal. Pak presiden ingin merayakan kemerdekaan tak hanya di Jakarta tapi bergeser ke daerah. Ini kota yang ketiga. Sekaligus beliau ingin mendorong potensi pariwisata daerah. Ada kuliner, budaya, alam, dan lain sebagainya," kata Teten kepada KompasTravel seusai jumpa pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

BACA: Akhir Pekan Ini, Karnaval Kemerdekaan 2017 Digelar di Kota Bandung

Menurut Teten, Jokowi berharap acara Karnaval Kemerdekaan ini bisa dilanjutkan oleh kota-kota yang belum pernah jadi tempat penyelenggaraan. Selain itu, Karnaval Kemerdekaan juga bisa menjadi puncak acara karnaval-karnaval yang ada di Indonesia.

"Jadi bisa menghadirkan keberagaman Indonesia juga karnaval di berbagai daerah, bisa menyaksikan dan menikmati seluruh karnaval yang ada di Indonesia," ujar Teten.

BACA: Jokowi Dijadwalkan Pimpin Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Acara Karnaval Kemerdekaan HUT ke-72 Republik Indonesia akan dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/8/2017). Acara pesta rakyat bertajuk "Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017" ini mengangkat tema "Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama".

Sekitar 2.500 orang peserta akan mengikuti acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017. Peserta tersebut berasal dari berbagai komunitas, seniman, dan perwakilan penyelenggara festival di Indonesia.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan hadir dan memimpin arak-arakan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017. Ia akan menggunakan baju adat Sunda berupa baju beskap dan kain batik bermotif Parahyangan.

Adapun rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 09.30 WIB dengan panjang lintasan karnaval 3,8 km. Rute karnaval sendiri mengambil start dari depan Gedung Sate menuju Jl Ir H Juanda (Dago), Jl Merdeka, kemudian Taman Vanda. 

Di Taman Vanda, Jokowi dan Iriana akan turun untuk menyaksikan rangkaian karnaval. Selanjutnya rangkaian karnaval akan menuju Alun-alun Masjid Raya di Jl Asia Afrika.

https://travel.kompas.com/read/2017/08/23/070400627/jokowi-ingin-karnaval-kemerdekaan-berdampak-positif-untuk-pariwisata-daerah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke