Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Kenakan Ikat Kepala Makuta Sinatria, Ini Maknanya...

"Makuta adalah mahkota, benda penutup kepala yang dipakai di atas kepala. Sementara Sinatria adalah ksatria, suatu karakter, sifat, sikap yang berani, adil, tegas dan jujur," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Sabtu (26/8/2017).

(BACA: Karnaval Kemerdekaan Diundur, Ini Alasan Menpar Arief Yahya)

Bey mengatakan dalam budaya Sunda, pemakaian ikat kepala menunjukkan pemimpin, seseorang yang sedang menjalankan tugas mulia. Selain itu juga menunjukkan seseorang yang sedang mencari peningkatan kebaikan diri.

"Dengan memakai rupa ikat sunda ‘makuta sinatria’, menunjukkan bahwa pemakai ikat ini memberikan wejangan bahwa dirinya telah melaksanakan Tilu Eusi Diri (tiga sikap diri). Pertama mencerminkan sikap berani dan adil dalam membuat pilihan keputusan demi menegakkan keadilan dan kebenaran sejati," tambah Bey.

(BACA: Jokowi Akan Pakai Baju Adat Sunda di Karnaval Kemerdekaan 2017)

Menurut Bey, sikap lainnya yang ditunjukkan dari ikat kepala itu adalah panceg yang berketetapan hati/tegas, yakni selalu menggunakan suara hati nurani dalam mengemban tugas lahiriah maupun bathiniah.

Sikap terakhir adalah Silih Wangi atau saling mewangikan dan saling memberikan kebaikan, melindungi mengayomi dengan sikap welas asih (kasih sayang) untuk pencapaian kebaikan dan kesejahteraan bersama.

Acara pesta rakyat bertajuk "Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017" di Kota Bandung ini mengangkat tema "Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama".

Rute karnaval mengambil rute dari depan Gedung Sate menuju Jl Ir H Juanda (Dago), Jl Merdeka, kemudian Taman Vanda. Sekitar 2.500 orang peserta yang berasal dari berbagai komunitas, seniman, dan perwakilan penyelenggara festival di Indonesia mengikuti acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017. (*)

https://travel.kompas.com/read/2017/08/26/211500727/jokowi-kenakan-ikat-kepala-makuta-sinatria-ini-maknanya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke