Salin Artikel

16 Bus Wonderful Indonesia Mondar-mandir di Paris

Bus-bus itu dibranding dengan Wonderful Indonesia, mirip ketika Piala Eropa tahun lalu, ketika bus pariwisata itu dibungkus dengan desain destinasi wisata andalan tanah air.

(BACA: Keren! Wonderful Indonesia Tampil di Seoul dan Busan)

Ke-16 bus tur terbuka itu terpampang dekorasi gambar-gambar indah pemandangan Indonesia seperti Candi Borobudur yang megah, penari-penari Bali yang cantik, komodo yang langka, Danau Toba yang indah di Sumatera Utara, kecantikan Raja Ampat, dan senyum orang Indonesia yang penuh pesona.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya menyadari biaya promosi Wonderful Indonesia sangat terbatas. Karena itu harus menggunakan banyak cara agar branding yang sudah berada di posisi 47 dunia itu tidak melorot. Harus dijaga dengan baik dan tepat.

(BACA: Merayu Lebih Banyak Lagi Turis Perancis Melancong ke Indonesia)

"Sesungguhnya berat, karena brand itu harus dijaga, terus dinaikkan value-nya dengan promosi. Tentu, untuk itu perlu budget, kita harus tetap kreatif mencari momentum yang pas dan lokasi yang tepat," kata Arief Yahya dalam siaran pers Kemenpar, Rabu (13/9/2017).
 
Menyiasati budget, Menpar Arief melakukan co-branding, mencari momentum dan memilih media promosi yang pas. Bus, trem, kereta, taksi, transportasi umum yang bergerak itu ternyata lebih efektif, lebih viral, dan mewarnai media sosial.

Branding bus-bus di Paris itu, menurut Arief, akan memberi umpan kepada masyarakat Perancis untuk bahan bermain di medsos.

(BACA: Kalahkan Thailand, Indonesia Destinasi Favorit Turis Perancis)

"Sangat efektif. Wonderful Indonesia jadi makin dibicarakan publik di dunia nyata dan dunia maya. Yang hobi narsis, malah bisa dijadikan ‘senjata’ untuk posting dan menjadi viral di digital," katanya.
 
Menpar membeberkan angka, tahun lalu kunjungan wisatawan Perancis ke Indonesia meningkat 19,8 persen dibandingkan dengan 2015. Dari 209.466 orang, naik menjadi 250.921 orang. "Angka ini melebihi target yang ditetapkan Kementerian Pariwisata yang membidik 250.000 orang di 2016," pungkasnya.

"Tahun ini Indonesia menjadi negara TOP 5 pilihan orang Perancis. Apalagi sekarang, tidak diperlukan visa untuk berkunjung ke Indonesia selama 30 hari maksimum, minat mereka berwisata meningkat luar biasa," kata Eka. (*)

https://travel.kompas.com/read/2017/09/14/101500627/16-bus-wonderful-indonesia-mondar-mandir-di-paris

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.