Salin Artikel

Keragaman dan Kekayaan Indonesia Hadir di Paris

Bagi yang sudah pernah ke Indonesia selalu ada kerinduan untuk kembali dan bagi yang belum pernah selalu antusias untuk menghadiri berbagai acara budaya yang diadakan.

Festival Couleurs d’Indonesie (FCI) untuk ketiga kalinya kembali hadir untuk mempromosikan akan kekayaan dan keragaman budaya Indonesia pada 23-24 Sepetember 2017.

(BACA: 16 Bus Wonderful Indonesia Mondar-mandir di Paris)

Acara ini diselenggarakan oleh KBRI Paris diprakarsai oleh Duta Besar RI untuk Perancis, Hotmangaradja Pandjaitan, dengan ketua panitia acara Teuku Zulkaryadi. Acara ini dibantu oleh Indonesia Diaspora Network (IDN) Perancis yang ketuanya Nina Hanafi.

(BACA: Ondel-ondel ala Perancis, Seperti Apa Bentuknya?)

Acara ini diusulkan oleh Nina Hanafi agar Colours Of Indonesia dari Indonesia Diaspora Network Global dijadikan ajang tahunan di berbagai negara.

(BACA: Liburan ke Danau Toba, Ini Kalender Pariwisata Sepanjang 2017)

Acara yang akan berlangsung di Pavillon Dauphine, Paris ini sesuai dengan nama dan temanya ingin memperkenalkan keragaman dan kekayaan Indonesia, lewat kesenian, kuliner, kerajinan tangan, alam ataupun peninggalan budaya seperti kain tradisional.

Melibatkan Diaspora Indonesia lewat penjualan makanan, hasil tangan atau kerajinan Indonesia, juga para seniman. Ada pula demo masak dan workshop dengan aroma bumbu-bumbu dapur oleh chef Ragil.

(BACA: Usai ke Raja Ampat, Ini Penuturan Perempuan Perancis...)

Untuk bazar kuliner, aneka selera Nusantara akan hadir seperti dari Palembang dengan pempeknya, Bali dengan nasi campur, Manado dengan rica-rica, Padang dengan sate dan soto padang, dan aneka jajan pasar.

Salah satu peninggalan budaya Indonesia adalah kain tradisional yang nyaris terlupakan. Di acara ini akan dihadirkan lewat pameran kain dan peragaan busana karya Oscar Lawalatta.

Juga berbagai tarian dan musik tradisional akan hadir. Grup band jazz asal Indonesia akan hadir lewat kolaborasi instrumen modern dan tradisional.

Selain itu, di acara ini juga ingin mengangkat adanya kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Perancis lewat bussiness forum.

Dan yang terpenting dari acara FCI ini mengajak, memperkenalkan betapa indah, luas, kayanya Indonesia. Pulau-pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke akan diperkenalkan kepada warga Perancis dan mancanegara lewat acara ini. (HELENE KOLOWAY, dari Paris)

https://travel.kompas.com/read/2017/09/23/091500827/keragaman-dan-kekayaan-indonesia-hadir-di-paris

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.