Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Mi Seharga Rp 4 juta di Taiwan, seperti Apa?

Toko mi, Niu Ba Ba di Taiwan yang membuat mi dengan harga fantasitis tersebut. Dibuka sejak tahun 1990, Niu Ba Ba hanya menawarkan delapan jenis mi dengan topping daging sapi.

Mulai dari yang paling murah diberi nama Beef Father Beef Noodle Soup yang diberi harga setara Rp 212.000 per porsi. Sampai mi paling mahal yang bernama Presidential Beef Noodle Soup, dihargai Rp 4,3 juta per porsi.

(BACA: Mi Ayam Boomerang, Kuah Pedasnya Bikin Nagih)

"Harga mi paling rendah kami terlihat masih berharga terlalu tinggi bagi banyak orang. Namun cara kami membuat mi sapi yang membedakan kami dengan yang lain," kata generasi kedua pemilik toko mi Niu Ba Ba, Eric Wang Yiin Chyi.

Dilansir dari CNN Internasional, setiap mangkuk mi di Niu Ba Ba diberi topping setidaknya empat potong daging sapi premium. Daging sapi tersebut berasal dari Amerika Serikat dan Australia.

(BACA: Menjajal Bun Cha, Mi Vietnam yang Dimakan Obama)

Daging yang dipilih juga tak sembarangan. Hanya daging dengan berlemak marmer yang dpilih. Daging ini terkenal empuk dan lengas (juicy).

Daging sapi tersebut kemudian dibekukan selama tiga hari, hingga akhirnya dipotong sesuai bentuk yang diinginkan. Proses pendinginan diklaim menimbulkan tekstur dan rasa yang sempurna.

(BACA: Mi Ongklok Menembus Batas Negara)

Kemudian untuk kuah ada enam kaldu berbeda yang dicampur satu. Lima varian mi di menu, dapat dicampur dengan berbagai pilihan. Sehingga memungkinkan pelanggan memilih sendiri mi yang diinginkan.

"Ternyata rasanya tidak cocok untuk lidah orang Taiwan dan bisnisnya jadi buruk. Rekan kerja ayahku keluar setelah 11 hari toko dibuka," cerita Eric.

Setelah kejadian tersebut, Wang Tsung Yuan yang juga ayah Eric meracik kembali rasa mi. Proses tersebut membutuhkan waktu bertahun-tahun. Hingga kini Nie Ba Ba menjadi destinasi kuliner dari para wisatawan.

Namun Eric justru memilih membuka Niu Ba Ba di tempat yang kecil, hanya muat 18-20 tamu.

"Kami ingin lebih fokus kepada semangkuk mi yang sempurna. Jika terlalu banyak pembeli akan lebih berpengaruh kepada jumlah daripada kualitas," kata Eric.

Untuk harga mi yang terbilang mahal, Eric mengatakan harga tersebut didapat dari survei ke para tamu. Berapa uang yang rela dikeluarkan untuk membeli Presidential Beef Noodle Soup. 

"Banyak yang mengataan mereka rela membayar 10.000 TWD (Rp 4,3 juta) untuk semangkuk mi ini. Jadi tahun 2007 kami membuat harga tersebut menjadi harga resmi," kata Eric. 

https://travel.kompas.com/read/2017/09/23/120900627/ada-mi-seharga-rp-4-juta-di-taiwan-seperti-apa-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke