Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pekalongan Siap Gelar Pekan Batik Nusantara

Penulis : Ari Himawan

“Pameran ini berisi pameran wisata Pekan Batik Nusantara dan Pameran Rumah Kreatif Batik Pekalongan,” kata Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, Selasa (3/10/2017).

BACA: Bekasi dan 4 Daerah Penghasil Batik Anti-mainstream

Dalam PBP 2017 ada juga festival kampung wisata kuliner, gelar seni budaya, pentas bersama, serta lomba kreasi batik tulis atau cap raksasa.

Total akan ada sekitar 130 stan yang akan mengikuti acara ini. Sebanyak 40 di antaranya berupa rumah kreatif batik. Para peserta sendiri tidak hanya berasal dari Kota Pekalongan, namun juga daerah-daerah lain di Jawa Tengah dan sejumlah provinsi lain.

PBP 2017 ini juga akan dimeriahkan dengan arak-arakan batik yang akan diikuti oleh 104 kostum.

“Arak-arakan ini dilombakan untuk mencari pemenang dari enam kategori, total hadiahnya mencapai Rp 31 juta,” tutur Sri Ruminingsih.

Pada acara tersebut, ada juga agenda Batik Pekalongan Membingkai Silang Budaya Nusantara. Akan ada demo membatik dan talkshow, Drone Photography Festival, Buketan Batik Selfie Contest, juga Festival Jamu Jawa Tengah.

“Festival Jamu Jawa Tengah ini akan diikuti oleh 35 pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah,” Tambah Sri.

Terkait PBP 2017, Sri Ruminingsih menghimbau agar seluruh warga Kota Pekalongan mengenakan pakaian batik saat beraktivitas.

“Kami menghimbau agar masyarakat mengenakan busana batik selama PBP ini agar batik kian dicintai masyarakat dan terus menjadi ikon. Tak hanya Pekalongan, tapi juga Indonesia,” pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2017/10/03/213000827/pekalongan-siap-gelar-pekan-batik-nusantara

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke