Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melancong ke Lhokseumawe, Belilah Songket Aceh

Di ruangan itu, terdapat dua pekerja. Salah satunya Dewi. Satu unit komputer terpajang. Selebihnya deretan rak kaca yang berisi kain dan tas khas Aceh.

Di situlah, produk kerajinan daerah yang dijuluki bumoe pase itu dipajang. “Ini barangnya agak sepi. Karena baru pulang pameran di Bandung, Jawa Barat,” kata Dewi, Selasa (3/0/2017).

(BACA: Menjaga Songket Aceh Tak Mati di Kampung Sendiri)

Terlihat berbagai ukuran tas motif Aceh diatur di sana. Sebagian model tas tangan, sebagian lagi tas jinjing, ada juga tas ukuran besar. Khusus kain, songket tersedia di sini.

Ukurannya dua meter, plus selendang yang biasa digunakan menyilang di tangan atau bahu kaum ibu. Kain ini beragam motif. Didominasi warna hitam. Sedangkan bagian bawah dipasang motif pinto Aceh atau motif rencong. Di sinilah kekhasan itu yang disebut songket Aceh.

“Ini dibeli dari perajin. Tas juga begitu. Semua dari perajin yang menjadi mitra Dekranas,” kata Dewi.

Gerai itu juga melayani penjualan. Jika ada yang berkunjung dan membeli harganya dipatok Rp 300.000-Rp 400.000 per satu lembar kain songket lengkap dengan selendangnya.

Saat itu hanya tersisa dua warna, yaitu kuning keemasan dan warna perak. Persediaan lainnya telah habis terjual saat mengikuti sejumlah pameran di tanah air.

Namun, gerai itu bukan dikhususkan untuk penjualan kerajinan. Namun dikhususkan buat promosi kerajinan. Sehingga ada berbagai model tas dan songket yang dipajang di sana. “Jika mau beli dalam jumlah besar, bisa dikoneksikan ke perajinnya,” kata Dewi.

Nah, kini, songket Aceh perlahan namun pasti terus merambah nusantara. Dari pameran ke pameran diharapkan songket itu terus membumi. Sepopuler batik, begitu pula harapan mereka, agar songket juga populer di tanah air.

https://travel.kompas.com/read/2017/10/04/081400427/melancong-ke-lhokseumawe-belilah-songket-aceh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke