Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ratusan Arsip Spesial Candi Borobudur Dipamerkan di Jakarta

Pameran arsip penting ini bertajuk "Melestarikan Dokumen Sejarah Pemugaran Candi Borobudur sebagai Memory of the World". Ratusan arsip yang dipamerkan ialah bukti otentik restorasi Candi Borobudur oleh Indonesia bekerja sama dengan berbagai negara, juga UNESCO pada 1973-1983.

BACA: Mengapa Jumlah Wisman di Candi Borobudur Kalah Jauh dengan Angkor Wat?

Arsip-arsip asli ini diajukan ke UNESCO untuk menjadikan restorasi Borobudur sebagai Memory of the World (MoW). MoW merupakan pengakuan PBB yang diincar, setelah sebelumnya candi tersebut menjadi World Heritage Convention (CWH) atau Warisan Budaya Dunia.

"Jadi ini kumpulan arsipnya yang sudah diajukan ke UNESCO, kita perlihatkan dulu ke masyarakat sebelum menerima MoW pasca restorasi," ujar Marsis Sutopo, Kepala Balai Konservasi Borobudur dalam acara pembukaan pameran, Senin (10/10/2017).

Pameran tersebut juga turut dibuka oleh Director UNESCO Indonesia, Shahbaz Khan, juga Plt Kepala LIPI, Bambang Subiyanto. Shahbaz mengatakan dokumen yang dipamerkan sekaligus diajukan sebagai MoW itu sangat spesial.

Lorong waktu Candi Borobudur

Wisatawan bisa melihat aneka koleksi spesial ini Museum Nasional. Dalam pameran tersebut terdapat di ruangan utama, persis di depan pintu masuk gedung. Rangkaian foto, gambar, film, dan benda-benda ditata secara berurutan di empat ruang.

BACA: Mengapa AirAsia Pilih Corak Borobudur, Bromo, dan Wayang Kulit di Badan Pesawat?

Pada ruangan pertama Anda bisa melihat cerita ditemukannya Candi Borobudur. Penemuan tersebut bermula saat pemerintahan Inggris, yang dikomandani oleh Sir Stamford Rafles.

Ruangan kedua memajang bukti-bukti pemugaran kedua, yaitu pada 1973-1983. Namun juga masih ada foto pemugaran pertama yang dipamerkan, yaitu pada saat pemerintahan Hindia Belanda oleh Theodore van Erp.

Di salah satu sudut ruangan kedua, Anda bisa menyaksikan film dokumenter restorasi Candi Borobudur, juga candi tersebut pasca letusan Gunung Merapi 2010. Yang tak kalah menarik juga ada sketsa lukisan pertama Candi Borobudur yang ada dalam buku Boro-Boedoer, Het Eiland Java.

https://travel.kompas.com/read/2017/10/10/221026627/ratusan-arsip-spesial-candi-borobudur-dipamerkan-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke