Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Mana Lokasi Menyelam untuk Pemula di Raja Ampat?

Di samping lautnya yang indah, Raja Ampat juga dikenal memiliki arus laut yang cukup deras. Sehingga penyelam sangat perlu memperhatikan lokasi juga cuaca yang sering berubah-ubah.

(BACA: Ini Cara Agar Wisata ke Raja Ampat Tidak Mahal)

Salah satu senior guide Raja Ampat, yang juga pernah menjadi bagian dari Conservation International (CI) selama 17 tahun, Husen mengatakan ada beberapa titik selam yang bersahabat bagi pemula.

"Biasanya titik tersebut digunakan juga untuk mengajari wisatawan yang belum berlisensi selam," ujar Husen kepada KompasTravel, di Waiwo Dive Center, Raja Ampat, Kamis (19/10/2017).

Salah satu pulau terbaik bawah lautnya ini memiliki cirikhas school fish yang banyak. Tak heran wisatawan asing maupun lokal memilih pulau ini menjadi destinasi wajib Raja Ampat.

(BACA: Berlibur ke Raja Ampat Memang Mahal, tapi Anda Tak Akan Menyesal...)

Untuk penyelam pemula, pulau ini memiliki sebagian kecil lokasi yang aman untuk belajar. Karena memiliki kedalaman yang bertahap dan relatif aman dari arus besar.

"Karena di situ masih kita bisa turun bertahap dua, tiga, empat meter sampai 15 meter yang untuk belajar. Tapi hanya beberapa dive center yang bisa (mengajarkan)," kata Husen.

2. Yenbuba

Di Kampung Yenbuba yang termasuk dalam Distrik Meos Mansar, Pulau Mansuar, Kabupaten Raja Ampat ini juga menjadi salah satu titik selam favorit. Lautnya yang jernih dan ikannya yang beragam menjadi keunggulannya.

"Jangan masuk situ (Yenbuba) ketika air baru surut dan air baru pasang. Karena kalau baru mau surut arus keluar kencang sekali, dan saat pasang, arus masuk kencang sekali," jelas Husen.

Namun, bagi para pemula yang mau belajar diving harus mencari dive center khusus yang memiliki program tersebut. Dalam program khusus tersebut Anda akan diberi pelatihan dan materi beberapa kali, sebelum diajak diving.

https://travel.kompas.com/read/2017/10/20/123814727/di-mana-lokasi-menyelam-untuk-pemula-di-raja-ampat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke