Salin Artikel

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Apa Istimewanya?

"Saya sangat senang sekali ini adalah kawasan yang 29 tahun belum selesai-selesai dan hari ini telah selesai. Telah kita buka, investasi sudah masuk, kita harapkan memberi dampak yang baik kepada masyarakat NTB," kata Jokowi di tayangan vlognya.

(BACA: Sekeping Surga di Mandalika)

Dibangun selama 29 tahun, KEK Mandalika tentu bukan proyek biasa. Kawasan ini dipersiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

KEK Mandalika memiliki lahan seluas 1.034 hektar yang digarap oleh PT Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC), BUMN yang sukses membangun kasawan pariwisata Nusa Dua di Bali.   

(BACA: Arab Saudi Lirik Investasi Pariwisata di Mandalika, Lombok)

Posisi KEK Mandalika juga terbilang sangat strategis di Pulau Lombok. Berjarak30 menit dari  Bandara Internasional Lombok dan terbentang mulai dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan. 

Kemudian ada Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende khas masyarakat Sasak, penghuni asli Pulau Lombok yang berada tak jauh dari KEK Mandalika. 

(BACA: Lombok Sangat Populer di Korsel)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, berbagai fasilitas akan dibangun di KEK Mandalika tersebut. 

"(Kawasan Mandalika) akan memiliki 10.000 kamar hotel, sirkuit balap kelas dunia, convention center," kata Darmin di Pantai Kuta Mandalika, Jumat (20/10/2017).

(BACA: Royal Brunei Airlines Jajaki Pembukaan Rute ke Lombok)

Sekretaris Dewan KEK Mandalika, Enoh Suharto Pranoto bahkan mengatakan jika di KEK Mandalika nantinya akan dibangun sirkuit balap. 

Saat ini ada delapan investor pada tahap awal yang tertarik membangun hotel atau resort di KEK Mandalika dengan total nilai investasi mencapai Rp 13 triliun.

"Saya kira semuanya berharap seperti Pak Gubernur (NTB) rakyat dapat menikmati adanya investasi yang masuk dan ya dampak kesejahteraan itu akan kelihatan," kata Jokowi yang memprediski akan adanya penyerapan tenaga kerja 58.000 orang dari KEK Mandalika. 

https://travel.kompas.com/read/2017/10/21/163700727/kawasan-ekonomi-khusus-mandalika-apa-istimewanya-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.