Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasar Atas Terbakar, Ini Alternatif Belanja Oleh-oleh di Bukittinggi

Tiap akhir pekan dan liburan panjang Pasar Bukittinggi kerap dipadati wisatawan, terutama bagian Pasar Atas. Para wisatwan berburu oleh-oleh khas Sumatera Barat dengan harga terjangkau di sana.

Di antara ragam oleh-oleh favorit di Pasar Atas ialah kerajinan songket, selendang koto gadang, kerajinan kayu, suvenir gantungan kunci, kreasi barang-barang anyaman, dan bordir kerancang. Satu lagi oleh-oleh panganan yang bisa dibeli di Pasar Atas ialah keripik sanjai.

Berikut alternatif tempat berburu oleh-oleh lainnya yang bisa Anda kunjungi selain Pasar Atas. Harga yang ditawarkan juga cukup bersaing, karena berada di tempat produksnya.

Bagi Anda wisatwan yang mencari oleh-oleh berupa sandang dari Sumatera Barat, bisa coba melirik pasar ini. Jarak dari Pasar Atas ke Pasar Aur Kuning hanya sekitar 3 kilometer.

Salah satu pasar tersibuk di Bukittinggi ini juga terkenal dengan ragam sandang khas yang dijual terjangkau. Sebagian barang yang ditawarkan berasal dari beberapa daerah di Sumatera Barat, seperti Agam dan Padang Pariaman.

Pembeli datang dari sejumlah daerah, di antaranya Sumatera bagian tengah hingga utara. Bahkan ada pembeli dari Malaysia, Singapura, dan Brunei.

2. Sentra Keripik Sanjai

Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi, merupakan daerah yang dijuluki sentra sanjai di Tanah Minang. Di daerah ini singkong setiap harinya diolah jadi keripik sanjai dan dipasarkan, salah satunya ke Pasar Bukittinggi.

Beberapa kios yang ramai di antaraya Sanjai Amak Haji, Sanjai Uni Yat,dan masih banyak lagi merek sanjai yang mencantumkan berbagai nama uni, uda, dan amak di sana.

3. Sentra Perak di Koto Gadang

Salah satu sentra kerajiaan perak yang terkenal di Indonesia ialah Koto Gadang, Agam, Sumatera Barat. Ragam olehan peraknya kerap diburu wisatawan lokal dan mancanegara, khususnya Eropa.

Anda bisa mampir ke rumah-rumah yang menjadi sentra pembuatan cenderamata tersebut. Suvenir yang berasal dari perak berbentuk miniatur rumah gadang, cincin, bros, dan pajangan rumah lainnya.

https://travel.kompas.com/read/2017/10/31/061100427/pasar-atas-terbakar-ini-alternatif-belanja-oleh-oleh-di-bukittinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke