Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Handphone Harap Di-"Silent" dan Jangan Lakukan Ini di Kandang Panda!

Saat KompasTravel mengujungi Istana Panda Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Bogor, Jawa Barat, terdapat banyak papan pemberitahuan yang menunjukkan beberapa larangan saat memasuki kawasan panda. Tertulis larangan merokok, menggunakan flash kamera, mengetuk kandang, memanjat kandang, membawa makanan, dan yang lainnya.

Karakter panda yang minim penglihatan, tapi sangat tajam di indera pendengaran dan penciuman membuat wisatawan harus menaati beberapa peraturan tersebut.

“Panda peka sekali sama suara dan penciuman, jadi sama sekali dilarang ribut, suara-suara gaduh, apalagi teriak karena gemas,” ujar Fallah, salah satu keeper atau pawang dari panda TSI, Rabu (1/11/2017).

Dokter Hewan Spesialis Panda di TSI, Bongot Huaso Mulia sangat mengkhawatirkan wisatawan yang membawa makanan.

“Salah satu penyebaran virus atau sumber penyakit yang paling rentan untuk panda dan hewan lain di sini ialah dari makanan. Makanya tidak boleh bawa makanan apalagi memberi makan hewan, khawatirnya tidak steril atau ada bakteri tetentu, kita gak tahu,” ungkap Bongot Huaso Mulia kepada KompasTravel.

Mengguakan flash kamera juga dilarang di kawasan kandang panda ini karena panda bisa terkejut dengan sorotan lampu flash tersebut.

Ia menambahkan, jika panda masih diganggu lagi dalam keadaan risau, ia bisa stres mulai dari marah sampai dengan tidak mau makan dan berujung sakit.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/03/145700127/handphone-harap-di-silent-dan-jangan-lakukan-ini-di-kandang-panda-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke