Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Opsi Wisata Menarik Dekat Pasar Atas Bukittinggi

KOMPAS.com - Pasar Atas Bukittinggi yang dilalap Si Jago Merah merupakan tempat berwisata kuliner dan mencari suvenir bagi wisatawan. Pasar yang terletak di depan Jam Gadang ini memang merupakan pasar tradisional favorit wisatawan.

Tak perlu khawatir, Anda bisa menyambangi beberapa destinasi lainnya yang terletak dekat dengan Pasar Atas. Bisa jadi destinasi wisata saat liburan ke Bukittinggi.

1. Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock adalah benteng peninggalan Belanda. Dahulu digunakan tentara Belanda sebagai benteng pertahanan ketika menghadapi perlawanan rakyat Minangkabau, terutama setelah Perang Paderi terjadi yaitu pada 1821-1837. Benteng ini berada di Jalan BentengBukittinggi.

Bentuk benteng ini masih sama seperti aslinya, dengan tinggi 20 meter dan meriam di sudut-sudut bangunannya. Seluruh bangunan memiliki corak putih dan hijau. Di sekitar benteng ini, terdapat halaman yang luas dan beberapa gazebo untuk tempat kita bisa beristirahat.

Untuk mengunjungi benteng ini, Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 untuk satu orang. Anda juga bisa menggunakan tiket terusan dari Kebun Binatang Bukittinggi dengan melewati Jembatan Limpapeh.

2. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan lebih dikenal dengan Kebun Binatang Bukittinggi. Salah satu kebun binatang tertua di Indonesia dan satu-satunya di Sumatera Barat. Berada di Jalan Jendral Ahmad YaniBukittinggi.

Dengan tiket masuk Rp 15.000, Anda bisa menikmati koleksi beraneka macam satwa terlengkap di Pulau Sumatera.

Selain satwa, di sini ada beberapa museum yang tidak boleh Anda lewatkan. Antara lain Museum Zoologi dan akuarium dengan bentuk bangunan seperti ikan. Selain itu, juga bisa mengunjungi Museum Rumah Adat Baanjuang yang terdapat di dalam tamannya.

3. The Great Wall Koto Gadang

Tembok China-nya Koto Gadang ini terletak di tak jauh dari Jam Gadang. Tepatnya di Koto Gadang, Kabupaten Agam, hanya berjarak dua kilometer dari pusat kota.

Selain berwisata, disini juga Anda bisa sembari olahraga. Karena panjang tembok ini sekitar 1,7 kilometer, dengan pemandangan ngarai yang hijau nan indah. Anda juga bisa langsung mengunjungi kampung pengrajin perak koto gadang.

Great wall Koto Gadang ini pada awalnya dibangun dengan tujuan untuk memberikan akses kepada penduduk di Koto Gadang agar bisa menyebrangi Ngarai Sianouk menuju kota Bukittinggi.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/03/170300127/opsi-wisata-menarik-dekat-pasar-atas-bukittinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke