Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia, Destinasi Selam Terbaik di Dunia

Taman Nasional Bunaken dan Taman Nasional Wakatobi menang sebagai destinasi selam terbaik dunia. Polling dilanjutkan selama sebulan pada Oktober 2017 lalu. Ada tiga jenis kategori yang disodorkan ke voters untuk dipilih secara online. Yakni destinasi terbaik (best destination), dive center atau resor selam terbaik, serta liveaboards (kapal pesiar atau yacht untuk tinggal bagi wisatawan) terbaik.

Dari polling itu, Indonesia merajai 10 besar destinasi selam terbaik mengalahkan rival kelas berat seperti Filipina, Azires, Meksiko, Maldives, Mesir, Bahama, Thailand, Fiji dan Papua Nugini. Indonesia mengantongi 1.067 suara atau 11,45 persen dari total 9.399 suara.

Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Taman laut nasional yang dikenal dengan kecantikan dasar lautnya ini memiliki luas area lebih dari 75.000 hektar, 97 persen diisi oleh lautan termasuk Taman Laut Bunaken. Taman Laut Bunaken sendiri dikenal berlokasi di segitiga terumbu karang dunia.

Taman Laut Bunaken ini dikelilingi oleh lima pulau besar yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen yang secara keseluruhan memiliki 29 titik selam (dive spot).

Pulau Bunaken adalah salah satu pulau yang memiliki biodiversitas kelautan atau keanekaragaman hayati terbanyak di dunia. Sekitar 58 jenis terumbu karang dan 2.000 spesies ikan siap menghiasi pemandangan Anda selama menyelam di bawah laut Bunaken.

Wakatobi ditetapkan sebagai taman laut pada 1996, dengan total area 1,39 juta hektar. Menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia menyangkut keanekaragaman hayati laut dan karangnya.

Keindahan dan kekayaan kawasan Taman Nasional Wakatobi sudah terkenal di mancanegara, terutama setelah Ekspedisi Wallacea dari Inggris pada tahun 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan di Sulawesi Tenggara ini sangat kaya akan spesies koral.

Bagaimana tidak, sebanyak 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia hadir di Taman Nasional Wakatobi. Selain itu, keberadaan 25 gugusan terumbu karang dan kedalamannya menjadikan perairan di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi tempat yang ideal bagi berbagai jenis biota laut untuk tinggal, juga menjadikan penghuni laut di sini memiliki nilai estetika dan konservasi yang tinggi.

Tak ketinggalan, perairan Wakatobi sering kedatangan “tamu” setianya yaitu kan paus sperma (Physeter macrocephalus) dan ikan pari manta (Manta ray). Sebanyak 93 jenis ikan dan Lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili juga meramaikan pemandangan cantik di bawah laut perairan Wakatobi.

Kekayaan biota laut ini tidak lain karena hamparan terumbu karang yang sangat luas di sepanjang perairan dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni seperti bentuk slop, flat, drop-off, atoll, dan gua bawah air.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/03/210300427/indonesia-destinasi-selam-terbaik-di-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke