Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hidangan Legendaris Solo di Pasar Gede

Pasar Gede, pasar yang berdiri sejak tahun 1930 ternyata menjadi destinasi wisata bagi Anda yang ingin mencicipi makanan tradisional khas Solo. Beberapa di antaranya mungkin telah menjadi kuliner legendaris.

Berikut KompasTravel himpun beberapa wisata kuliner legendaris yang wajib Anda cicipi jika mampir berwisata kuliner di Pasar Gede:

1. Timlo Sastro

Jika ditanya makanan rekomendasi yang wajib dicicipi saat mampir ke Solo, mungkin orang Solo akan menjawab “Timlo Sastro yang di belakang Pasar Gede."

Timlo Sastro juga dikenal berada dekat tempat pembuangan sampah, sehingga bau sampah akan tercium ketika bersantap di sini. Meski begitu, rumah makan ini tak pernah sepi pengunjung.

Lantas, hidangan ini sejatinya disantap sebagai hidangan saat sarapan. Maka dari itu, gerai Timlo Sastro akan dibuka sejak pahi hari yaitu pukul 06.30 sampai pukul 15.30 WIB.

Saat ini Timlo Sasto dikelola oleh empat orang anak Pak Sastro, dan memiliki cabang di Jalan Dr Wahidin yang buka sampai malam. Untuk menyantap hidangan ini, semangkuk Timlo komplit dengan nasi akan dihargai sebesar Rp 25.000.

2. Nasi Liwet Bu Sri

Nasi liwet legendaris di Solo dengan rasa yang mantap tak boleh ketinggalan dicicip. Dari resep nasi liwet legendaris yang turun temurun, cita rasa nasi liwet Bu Sri tak pernah membuat kecewa para pelanggannya.

Daun pisang yang dipakai tentu menjadi penjaga cita rasa nasi liwet ini. Jangan lupakan areh, suwiran ayam kampung rebus, sayur labu, dan telur pindang yang membuat hidangan ini sangat seimbang dari segi rasa.

Ia berjualan di pojok dengan meja sederhana dan kursi plastik. 

3. Tahok

Berlokasi tak jauh dari Nasi Liwet Bu Sri, ternyata terdapat Pak Citro yang menjual tahok. Tahok adalah camilan khas China yang mengenyangkan. Terbuat dari sari kacang kedelai dan disantap dengan air jahe gula.

4. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Di warung Es Dawet Bu Dermi, Anda akan menemukan ramuan es dawet tradisional Solo yang turun-temurun tiga generasi.

Semangkuk es dawet Bu Demi berisikan ketan hitam, tape ketan, jenang sumsum, biji telasih, cairan gula dan santan dengan tambahan es batu akan menyegarkan tenggorokan setelah berkeliling Pasar Gede.

Semangkuk es dawet dipatok harga sebesar Rp 8.000. Warung es dawet telashi Bu Dermi ini buka setiap hari hingga pukul 15.00 WIB.

5. Brambang Asem

Brambang Asem, makanan khas Solo yang mungkin sudah jarang Anda temui. Maka dari itu, sempatkan mencicipi hidangan ini jika mampir ke Solo. Kuliner Brambang Asem sendiri terdiri daun ubi dicampur sambal asam jawa yang terasa pedas dan manis.

Bagi Anda yang ingin mencicipi Brambang Asem, Anda cukup menuju penjual lenjongan yang berada di Pasar Gede. Selain itu, Brambang Asem juga masih bisa ditemui di Jageran, daerah kebalen. Seporsi Brambang Asem Yu Sum dijual seharga Rp 4.000 mulai pukul 07.00 hingga pukul 14.00 WIB.

6. Lenjongan

Lenjongan adalah hidangan khas kota Solo yang terkenal sejak zaman penjajahan. Lenjongan umumnya cocok disantap sebagai sarapan pagi.

Yu Sum menjual lenjongan di Pasar Gede dari pukul 07.00 - 14.00 WIB. Seporsi lenjongan dengan aneka pilihan isi ditawarkan dengan harga Rp 4.000.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/04/124000227/6-hidangan-legendaris-solo-di-pasar-gede

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke