Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Panda, di TSI Anda Bisa Lihat Hewan Langka Ini di Kandangnya

Pihak TSI memang menyulap Istana Panda menjadi satu tempat yang amat mirip dengan habitat aslinya. Selain itu juga merepresentasikan budaya Oriental, dan Mongol seperti di dataran tinggi habitat para panda.

“Di Cagar Alam Nasional Wolong, Chengdu (China), tempat habitat panda sebenarnya memang dia hidup berdampingan dengan hewan-hewan lain, nah beberapanya juga kita bawa ke sini, kaya red panda, takin dan yang lain,” ujar Direktur TSI, Jansen Manansang.

Berikut hewan lain yang bisa Anda ajak bermain di Istana Panda TSI Bogor:

1. Panda merah

Panda merah (ailurus fulgens), atau bisa disebut red panda ini juga merupakan hewan langka jenis panda. Bentuknya jauh lebih kecil daripada panda raksasa. Dengan bobot yang hanya sekitar 10-15 kilogram ia lebih bebas berlalu lalang hingga memanjat dahan.

Walaupun kecil, tampilan dan perilakunya tak kalah lucu dan menggemaskan dari panda raksasa. Memiliki bulu tebal berwarna merah kecoklatan, dan berkaki hitam. Ekornya panjang dengan 12 cincin merah dan coklat muda berselingan.

Memiliki ciri khas muka yang bulat, berwarna putih, dengan garis merah kecoklatan dari mata ke mulutnya.

Panda merah ini juga dikenal sebagai “rubah api”. Mereka lebih berhubungan dekat dengan rakun dan musang, ketimpang giant panda. Spesies ini juga termasuk panda yang sensitif terhadap panas, dan tidak bisa hidup di suhu lebih dari 25 derajat selsius.

2. Takin

Bentuk takin lebih seperti kerbau gunung, tinggi semampai dengan bulu tipis, dan tanduk yang gagah. Hewa ini juga dianggap sebagai kekayaan nasional negeri Tirai Bambu.

Jika si panda cenderung pemalas, justru takin terkenal dengan hewan yang aktif. Ia tergolong krepuskular, atau hewan yang aktif di pagi dan sore hari.

3. Golden pheasant

Jenis unggas ini memiliki badan sebesar ayam betina. Bulunya yang berwarna-warni nan indah jadi magnet penggoda wisatawan yang datang.

Di atas kepalanya terdapat bulu kuning keemasan, lalu membujur bulu orange, hitam, biru, merah dengan coak yang berbeda hingga ke ekornya.

Mereka tidak begitu pandai terbang, untuk itu mereka lebih sering mencari makan di permukaan tanah. Uniknya, jika terkejut atau ada ancaman, ia bisa terbang secara tiba-tiba.

4. Unta dan kuda

Khusus kedua binatang ini, bisa Anda pegang bahkan naiki di area Mongolian. Terdapat dua unta, juga dua kuda yang dipelihara di area tersebut.

Anda bisa berfoto atau coba menaiki kuda atau unta tersebut. Untuk pembukaan pada awal November 2017 masih diberlakukan tiket terusan, artinya tak perlu membeli tiket lagi untuk mencoba wahana ini.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/04/201000427/tak-hanya-panda-di-tsi-anda-bisa-lihat-hewan-langka-ini-di-kandangnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke