Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Open Trip" Hemat ke Maldives yang Menggoda...

Mau sih mau ya, tetapi... biayanya itu loh. Mesti nabung berapa tahun? Ha-ha-ha...

Iseng-iseng, saya browsing kata “jalan-jalan ke Maldives” di google. Ada beberapa cerita perjalanan, salah satunya yang bertuliskan hemat. Penulisnya, Trinity yang cerita perjalanannya keliling dunia sudah dituangkan ke layar lebar.

Kata “hemat” dari tulisan itu cukup menarik perhatian. Dari situ saya menemukan ada penawaran jalan-jalan ke Maldives 4 hari 3 malam cuma Rp 8,7 juta.

Kalau lagi iseng, coba buka aplikasi tiket penerbangan ke Maldives dari Jakarta. Harganya, kalau buat saya, bikin mau nangis. Ini, Rp 8,7 juta, tak hanya harga pesawat, tetapi juga sudah termasuk makan, snorkling, dan penginapan di hotel bintang 3.

Hati pun mulai tergoda untuk menghubungi nomor kontak yang menyediakan open trip murah ke Maldives tersebut. Setelah bertanya sana sini tentang trip murah tersebut, ternyata biayanya bisa dicicil. Pertama cukup bayar Rp 500.000, sisanya bisa dicicil dan dilunasi sampai seminggu sebelum hari keberangkatan. Alhamdulillah banget, kan?


Pada liburan ala open trip ini, tour leader sangat berperan penting. Wajib punya kesabaran ekstra menghadapi berbagai pertanyaan dan keinginan dari peserta. Bayangkan, ada peserta yang pasangan bulan madu, ada keluarga yang membawa tiga anaknya yang masih SMP dan SD, belum lagi selebgram yang liburan sekalian foto-foto produk. Seru luar biasa, buat saya...

Tour leader open trip ke Maldives yang saya ikuti bernama Jessica. Calon dokter gigi yang luar biasa melayani para peserta itu. Pada hari keberangkatan, dia menunggu kamu di counter check in Bandara Soekarno-Hatta. Dia memastikan peserta tour tidak ada yang terkena masalah, terutama masalah bagasi.

Selanjutnya, pada Jumat 3 November 2017, pukul 11.30, grup open trip ini berangkat dari Jakarta menuju Singapura. Rombongan transit di sana selama 4 jam 50 menit. Semua peserta dibebaskan menjelajah Bandara Changi, Singapura, namun tidak disarankan keluar dari area bandara karena pukul 19.15 akan melanjutkan penerbangan ke Bandara Velana, Male, Maldives.

Berdasarkan schedule, seharusnya kami tiba di Male pukul 20.30 waktu Male, atau 22.30 WIB (waktu di Jakarta lebih cepat 2 jam dari Maldives). Namun karena pesawat delay sekitar sejam lebih, kami baru tiba pukul 21.46 waktu Male. Jadi, tak ada pemandangan air nan biru seperti yang banyak tertera di foto-foto tentang Maldives.

Di dalam bandara, tampak beberapa gerai milik resor-resor menawarkan keindahan tempatnya. Namun, karena sudah malam, gerai-gerai itu kosong.

Keluar dari Bandara Velana, terpampang dermaga dengan kapal-kapal yang siap menjemput tamu, atau untuk disewa. Ada juga public boat yang siap mengantar ke ibu kota Maldives di Male (pulau terpisah dari bandara).

Buat rombongan kami, speed boat dari hotel tempat kami menginap telah menjemput. Benar-benar speed boat khusus buat kami saja. Kapal itu mengantar ke hotel yang terletak di Pulau Maafushi, dengan waktu tempuh berkisar 40-45 menit. Lumayan.

Akhirnya, Jumat tengah malam waktu Maldives, kami menginjakkan kaki di penginapan. Ada yang di bintang 3 (untuk yang harga Rp 8,7 juta, dan bintang 4 untuk yang paket Rp 10,2 juta.

Perjalanan yang memakan waktu 17 jam ini cukup melelahkan. Akhirnya kami istirahat di kamar masing-masing.

Selain itu, ada agenda ke resor. Walau tak menginap di tempat yang semalamnya berkisar Rp 5 jutaan per orang (bukan per kamar ya), kita bisa menikmati fasilitas salah satu resor yang bisa dipilih. Tetapi, ada biayanya. Berkisar antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2,6 juta, tergantung resor yang kita pilih.

Bagaimana cerita liburan hemat tetapi tetap bisa menikmati fasilitas resor di Maldives? Tunggu tulisan berikutnya ya...

https://travel.kompas.com/read/2017/11/04/202111327/open-trip-hemat-ke-maldives-yang-menggoda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke