Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kuliner Lezat Solo yang Pantas Jadi Sajian Pernikahan Kahiyang-Bobby

Ragam kuliner tradisional Solo akan disajikan oleh katering milik kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming Raka. Ia beralasan, agar tamu undangan yang berasal dari seluruh Indonesia bisa merasakan masakan khas Solo.

Berikut lima kudapan khas Solo yang sudah tak asing lagi kelezatannya, dan pantas disajikan dalam pernikahan Kahiyang-Bobby.

1. Selat Solo

Kuliner yang satu ini merupakan sajian sayuran, saus kental dan daging bistik. Oleh karena itu, selat ini merupakan makanan adaptasi dari negara barat, salad, yang kemudian rasanya disesuaikan dengan cita rasa tanah air. 

2. Nasi Liwet Solo

Berbeda dengan nasi liwet di tanah Sunda, nasi liwet solo dimasak dengan santan dan disajikan dengan ayam opor, sambal goreng jipang, dan areh atau gumpalan santan.

Salah satu yang menjadi favorit Presiden Jokowi ialah nasi liwet buatan Bu Sri yang berjualan di dekat pintu gerbang Pasar Gede Solo.

3. Sate Kere

Sate kere terbuat dari gembus tempe, takni tempe yang terbuat dari ampas tahu dan jeroan sapi yang dibakar. Kemudian disiram dengan bumbu kacang.

4. Tengkleng

Tengkleng adalah sop bening bewarna kuning dengan isi jeroan dan daging kambing. Meski berwarna kuning, tengkleng jelas bukan soto. Kuah kaldunya begitu kaya rasa dan tak meninggalkan kesan rasa berat.

Salah satu tengkleng favorit warga Solo adalah Tengkleng Mbak Diah di Jalan Ir Soekarno. 

5. Timlo

Salah satu kesegaran timlo yang kerap dinikmati keluarga Jokowi ialah di Timlo Sastro. Rumah makannya terletak di Jalan Kapten Mulyadi No 8, Sudiroprajan.

5. Sate Buntel

Rasanya sama sekali tak alot, harum, dan bumbunya meresap sempurna. Sama sekali tak ada bau kambing di sate buntel. Cocok bagi tamu pernikahan yang baru pertama menikmati kuliner kambing dan penasaran dengan kelezatannya.

6. Serabi Solo

Serabi solo, terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak menggunakan wajan kecil. Rasa manis dan gurih yang berpadu menjadi satu, siap membulatkan rasa dari berbagai hidangan khas Solo yang sudah disantap sebelumnya.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/07/061800427/5-kuliner-lezat-solo-yang-pantas-jadi-sajian-pernikahan-kahiyang-bobby

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke