Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Obyek Wisata Kalibiru di Kulon Progo Tambah Jumlah Spot Foto

“Pengunjung memang menurun, tetapi setiap harinya masih ada pengunjung yang datang ke sini. Lebih banyak turis (wisatawan mancanegara),” ujar pengelola obyek wisata alam Kalibiru, Sudadi saat ditemui di Kalibiru, Jumat (3/11/2017).

Ia menjelaskan, berkurangnya pengunjung terlihat dari data yang dikumpulkan oleh pihak pengelola. Hingga bulan September 2017 ada sekitar 245.376 wisatawan. Padahal di tahun 2016 ada sekitar 443.070 wisatawan yang datang. Tahun 2015 tercatat sekitar 309.541 wisatawan.

Adanya penurunan jumlah wisatawan, Sudadi mengaku tidak mengetahui soal penyebabnya. Namun, ia sudah melakukan beberapa perubahan dan menambah spot-spot foto agar tidak memunculkan antrean panjang.

“Sekarang ada tujuh spot foto, yang paling baru itu spot oval. Dulu kan harus antre satu sampai tiga jam. Ini kita tambah supaya bantu ngurangi antrean. Tapi kalau hari libur tetap antre juga,” katanya.

“Kita ingin membuat permainan air, tapi yang jelas tidak merusak hutan. Adanya perubahan-perubahan setiap tahun, agar pengunjung tidak jenuh, selalu ada perubahan,” kata Sudadi.

Sementara fasilitas yang disediakan untuk menginap atau homestay kini tak hanya di dalam area Kalibiru, tapi juga ada 10 homestay yang berada di luar. Sudadi menjelaskan, ketika libur panjang, biasanya homestay yang ada di dalam area wisata Kalibiru ini penuh, namun permintaan masih banyak.

Maka dari itu, masyarakat telah menyediakan homestay untuk pengunjung yang ingin menginap dekat dengan Kalibiru.

Idealnya homestay tersebut untuk enam orang, namun jika lebih dari enam orang maka dikenakan biaya seharga tiket masuk area wisata Kalibiru.

“Kami sudah sampaikan ke masyarakat, tolong membuat kamar dengan mengutamakan kamar mandi yang bersih. Kamarnya nggak apa-apa sederhana, biar pengunjung bisa menikmati suasana di kampung,” kata Sudadi.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/07/070600327/obyek-wisata-kalibiru-di-kulon-progo-tambah-jumlah-spot-foto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke