Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hari Jelajah Alam dan Budaya Sumba, Mau?

"Sumba itu sudah dianggap sebagai destinasi yang memenuhi syarat, yang selalu disebut Pak Menteri (Menpar Arief Yahya) sebagai 3A (Atraksi, Amenitas, Akses). Atraksi baik alam, budaya, dan buatan, aksesbilitas sudah ada penerbangan, dan amenitas sehingga orang yang datang ke sana tidak ragu lagi," kata Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Putu Ngurah di acara jumpa pers Jelajah Tanahhumba 2017, di Gedung Sapta Pesona, Selasa (7/11/2017).

Pendiri Way2East penyelenggara IAF Tanahumba 2017, Adi Gerimu menjelaskan di acara ini wisatawan dapat memilih destinasi sesuai dengan preferensi masing-masing. Terbagi menjadi tiga preferensi yakni alam, budaya, dan fotografi. Nantinya seluruh peserta akan bertemu di satu titik yang sama.

Untuk pendaftaran dan syarat menjadi peserta Jelajah Tanahumba 2017 ini, wisatawan dapat mengkakses langsung di www.adventurefestival.id. Dikenakan biaya Rp 4,5 juta per orang belum termasuk tiket PP sampai ke Sumba. Target peserta 100 orang, dan kini sudah ada 60 peserta yang mendaftar.

"Untuk alam Sumba saya biasa mengatakan 4E. Extreme, exotic, explore, dan expose. Selain alam ada budaya. Satu Sumba itu memiliki karakteristik budaya yang berbeda tiap kabupaten, baharinya juga. Apalagi sekarang ada resort terbaik Nihiwatu," kata Bupati Sumba Timur Gidion Mbliyora.

Acara Indonesia Adventure Festival sebelumnya pernah diselenggarakan di Lembata tahun 2014 dan Alor tahun 2016. Pulau Sumba kali kedua diselenggarakan IAI, setelah sukses diselenggarakan tahun 2016. Dalam penyelenggaraan ini Way2East didukung Pemda, DPRD empat Kabupaten Sumba, dan Kementerian Pariwisata.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/07/155000327/6-hari-jelajah-alam-dan-budaya-sumba-mau-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke