Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Pernikahan Kahiyang, 5 Destinasi Wisata di Solo Ini Tetap Buka

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai destinasi wisata di Solo tetap buka normal di kala kota tersebut disesaki tamu pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu.

Wisatawan yang datang ke Solo, baik untuk mengunjungi acara pernikahan Kahiyang Ayu ataupun bukan, bisa tetap mengunjungi berbagai destinasi menarik di sini. Jadwal buka hingga harga tiket di beberapa destinasi ini pun berlaku sama dengan hari biasa.

"Semua buka normal," ujar Ina, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo saat dihubungi Kompas Travel, Rabu (8/11/2017).

Solo memang memiliki ragam destiasi wisata mulai sejarah, budaya, kuliner, hingga alam. Berikut berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi pasca pernikahan Kahiyang dan Bobby.

1. Keraton

Solo yang dahulunya merupakan teritori kerajaan, kini masih mewariskan dua keraton yang menjadi ciri khas. Ialah Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Mangkunegaran Surakarta yang hanya berjarak 11 kilometer.

Anda bisa menikmati sejarah Kota Solo yang dirawat dengan apik oleh beragam kebudayaan dari kedua keraton tersebut. Di waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa menyaksikan berbagai upacara dan ritual adat tahunan seperti Grebeg dan Sekaten.

2. Taman Balekambang

Taman ini merupakan salah satu taman kota bersejarah yang sudah sejak lama dibangun di Surakarta. Sesaat berkunjung ke sini, hawa sejuk dengan rindangnya pepohonan akan menyapa Anda. Rusa-rusa jinak yang sengaja dilepas di sana, menambah kemesraan ekosistem taman.

Terdapat banyak wahana taman di sana, mulai dari memancing, perahu bebek, beragam spot foto, galeri seni, pendopo tempat kesenian, taman reptil, green house, taman air, tempat outbond, hingga beragam acara kesenian yang kerap digelar di taman tersebut.

Taman Balekambang terletak di Jalan Ahmad Yani atau Jalan Semarang, Solo. Taman Balekambang hanya berjarak sekitar 1,4 kilometer dari Graha Saba Buana.

3. Pasar Malam Ngarsopuro

Saatnya belanja oleh-oleh di Pasar Malam Ngarsopuro atau Ngarsopuro Night Market. Pasar ini merupakan pasar malam akhir pekan yang semarak, diramaikan dengan pedagang kerajinan tangan, makanan, dan musik live.

Pasar ini juga dijuluki Orchard Road-nya Kota Solo oleh para pelancong. Deretan tenda nan panjang siap menjajakan aneka kuliner, barang antik, sandang, hingga suvenir dari Solo.

Bagi Anda yang berminat, langsung arahkan kendaraan ke Jalan Diponegoro, Kota Solo. Tapi ingat, Ngarsopuro Night Market hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu malam.

4. Monumen Pers Nasional

Tempat ini merupakan bangunan bersejarah dan museum yang menyimpan lebih dari satu juta surat kabar dan majalah sejak masa sebelum dan sesudah Revolusi Nasional Indonesia. Sumbernya pun dari berbagai daerah di Nusantara.

Tempatnya amat strategis, berada di Jalan Gajah Mada No 76, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

5.Museum Musik Lokananta

Inilah studio musik asli Indonesia yang telah banyak mengharumkan negara ini di kancah internasional. Di masa kejayaannya yaitu tahun 1970-an, berbagai hasil rekamannya telah mendunia.

Berkunjung ke sini, Anda bisa melihat ratusan koleksi piringan hitam, laser disc, hingga kaset, dan rekaman digital dari masa ke masa di Indonesia.

Lokananta juga memiliki alat mixer yang langka. Disebut-sebut yang termahal di zamannya, dan hanya ada beberapa unit saja di dunia. Termasuk yang pernaih dimiliki studio rekaman London tempat The Beatles rekaman.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/08/190400027/ada-pernikahan-kahiyang-5-destinasi-wisata-di-solo-ini-tetap-buka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke