Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tour de Linggarjati 2017 Promosikan Pariwisata Kuningan

Penyelenggaraan event sport tourism berskala internasional ini sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan, memacu pembangunan infrastruktur daerah, membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi, sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat melalui kegiatan pariwisata.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti disampingi Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam acara launching dan press conference TdL 2017 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (9/11/2017) menjelaskan, penyelenggaraan TdL 2017 sebagai upaya yang efektif untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan serta meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Selama berlangsung TdL 2017 ditargetkan akan mendatangkan 500 wisatawan nusantara (wisnus) dan 150 wisatawan mancanegara (wisman) dengan total pengeluaran lebih dari Rp 2 miliar yang langsung dibelanjakan ke masyarakat,” kata Esthy dalam siaran pers Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar.

“Peningkatan kunjungan wisatawan ini tentunya tidak lepas dari semakin membaiknya unsur 3 A (Atraksi termasuk adanya event TdL, Amenitas, dan Aksesibilitas),” kata Esthy.

Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan, Kabupaten Kuningan telah menetapkan pariwisata sebagai sektor unggulan. Berbagai upaya mengoptimalkan potensi wisata yang dimiliki terus dilakukan di antaranya menggencarkan promosi serta peningkatan kualitas destinasi termasuk aksesibilitas.

“Kami memiliki 14 obyek wisata yang sudah tertata dan puluhan lainnya yang mempunyai potensi pengembangan, 8 event budaya tahunan, 4 situs sejarah dan didukung oleh sarana akomodasi 37 hotel dan penginapan,” kata Acep Purnama.

Menurut Acep, penyelenggaraan TdL 2017 merupakan investasi jangka panjang dalam upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan.

“Melalui acara ini kita kenalkan pariwisata Kuningan secara bertahap. Diharapkan dengan kesuksesan pelaksanaan Tour de Linggarjati juga menarik event-event internasional lainnya untuk dilaksanakan di Kabupaten Kuningan,” kata Acep Purnama.

TdL 2017 yang akan diikuti sekitar 200 peserta ini juga  dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-519 Kabupaten Kuningan dan memperingati peristiwa Perundingan Linggarjati ke-71 sebagai bagian sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/10/131800127/tour-de-linggarjati-2017-promosikan-pariwisata-kuningan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke