BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Tourism Western Australia
Salin Artikel

Siap Terbius dengan Ragam Wisata Gratis di Perth?

KOMPAS.com – Sebagai ibu kota negara bagian Australia Barat, Perth menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan di Australia. Berbagai pilihan destinasi menarik terdapat di sana. Bahkan, tak sedikit pula wisata gratis yang bisa dijajal.  

Tentu hal ini sangat menguntungkan karena wisatawan tidak perlu banyak merogoh kocek untuk berlibur ke ibu kota negara bagian terbesar di Australia tersebut.

Untuk  bepergian, Anda bisa memilih untuk berjalan kaki, bersepeda ria, atau menaiki bus gratis (CAT Bus) yang dikhususkan untuk pelancong.

Bus gratis ini tersedia di pusat kota (area CBD Perth), rutenya pun melewati banyak destinasi menarik yang beberapa di antaranya tidak dipungut biaya masuk, seperti Perth Cultural Centre dan Elizabeth Quay.

Bagi Anda pencinta seni, menyambangi Perth Cultural Center merupakan ritual wajib. Di area ini, terdapat banyak galeri dan museum menarik, bahkan beberapa di antaranya berlabel free-entry.

Salah satunya adalah Perth Institute Contemporary Arts (PICA). Ini merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat perkembangan seni kontemporer di Australia. Berbagai penampilan teater, tari kontemporer, hingga pameran seni selalu tersedia di sana.

Selain tidak dipungut biaya masuk, terdapat pula akses Wi-Fi gratis yang bisa Anda gunakan sepuasnya di semua area Perth Cultural Center.

Puas menjelajah dunia seni, selanjutnya Anda bisa meneruskan perjalanan ke Elizabeth Quay. Tempat ini merupakan salah satu titik favorit untuk menikmati panorama kota Perth baru yang dihiasi gedung pencakar langit.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat senja. Suasana manis ketika matahari akan terbenam, dipadu pemandangan kapal yang hilir mudik di Sungai Swan, menambah nuansa romantis Elizabeth Quay.

Bila beruntung, Anda juga bisa menyaksikan live music pada momen-momen tertentu.

Lalu keesokan harinya, cobalah untuk bersepeda. Ini merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan di Perth.

Tidak perlu khawatir terserempet kendaraan bermotor atau diklakson oleh pengendara lainnya karena di Perth tersedia jalur khusus sepeda. Dengan begitu, mengayuh sepeda pun terasa aman dan nyaman.

Rekomendasi tempat yang bisa Anda kunjungi dengan bersepeda adalah Kings Park yang merupakan taman kota terbesar di dunia, dan Perth Botanic Garden. Dengan luas mencapai 400 hektar, Kings Park menawarkan berbagai taman tematik yang bisa dikunjungi.

Taman bermain seperti Lotterywest Family Area, Synergy Parkland, dan Saw Avenue Picnic Area bisa Anda datangi secara cuma-cuma.

Capek bersepeda? Silakan melepas lelah di padang rumput area Kings Park. Di sana Anda bisa bebas untuk bersantai sambil menghirup udara segar taman, bahkan Anda juga bisa bertamasya dengan pemandangan pusat kota Perth yang menakjubkan.

Suasana pesisir pantai

Bukan wisata tengah kota saja yang menawarkan wisata gratis di Perth, pesona pesisir pantainya pun tak kalah menarik dalam menyajikan atraksi.

Di Perth sendiri, terdapat 19 pantai berpasir putih siap untuk dikunjungi. Mudahnya akses dari pusat kota serta berbagai pilihan moda transportasi menjadi nilai plus untuk mendatangi pantai-pantai tersebut.

Namun, dari ke-19 pantai yang ada, Pantai Cottesloe merupakan yang paling populer. Pantai ini bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 30 menit dari pusat kota dengan kereta Transperth, ataupun bus umum.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di Pantai Cottesloe, seperti menyaksikan matahari terbenam, bermain pasir pantai, berenang, hingga snorkeling. Selain itu, pantai ini juga populer bagi para peselancar.

Bila beruntung, Anda dapat menyaksikan para peselancar tersebut beraksi menaklukkan ombak.

Tak hanya bermain air dan pasir, Pantai Cottesloe juga menawarkan atraksi dengan hamparan rumput hijau yang dihiasi pohon cemara norfolk raksasa. Di sana, Anda beserta keluarga bisa bersantai ria sambil merasakan angin semilir pantai.

Kunjungi juga pantai lainnya yang terletak dekat Pantai Cottesloe. Bila cukup bugar, Anda bisa berjalan kaki atau bersepeda. Namun, bila ingin menghemat waktu, gunakanlah bus umum yang melintas di sepanjang garis pantai.

Untuk informasi lengkap mengenai pantai-pantai di Perth, silakan berkunjung ke laman www.westernaustralia.com. Di laman tersebut, Anda juga bisa menemukan informasi destinasi gratis lainnya di Perth.

Selain Perth, kunjungi juga kota lainnya di Australia Barat, seperti Fremantle, Swan Valley, serta Margaret River. Beragam pilihan wisata ditawarkan oleh negara bagian terdekat dengan Indonesia ini (hanya 4,5 jam perjalanan udara), mulai dari pesona kuliner, seni, gaya hidup, hingga bentang alamnya yang menawan.

Dengan begini, berkunjung ke Perth menjadi lebih mudah dan terjangkau, apalagi dengan ragam wisata gratis yang tersedia.

Tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan Anda ke Perth dan selamat bertualang #SuatuHaridiAustraliaBarat—Just Another Day in Western Australia!

https://travel.kompas.com/read/2017/11/11/101707327/siap-terbius-dengan-ragam-wisata-gratis-di-perth

Terkini Lainnya

Bagikan artikel ini melalui
Oke