Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaum Jomblo! Coba Liburan ke Goa Kontamale, Konon Bikin Enteng Jodoh

Goa telaga ini cukup luas dan dalam. Terdapat kolam dengan airnya yang jernih. Di langit-langit goa terdapat stalaktit.

Aden (27) warga Pulau Wangi-Wangi yang mengantar saya ke Kontamale mengatakan, air yang ada di dalam goa berasal dari sungai yang berada di dalam tanah kemudian mengalir ke laut lepas. Tidak heran jika airnya tetap bersih dan jernih.

"Air ini tetap jernih walaupun sering dipakai ibu-ibu untuk mencuci dan mandi oleh anak-anak," ujar Aden, Sabtu (11/11/2017).

Nama Kontamale sendiri memiliki arti sendiri bagi warga lokal.

Menurut Aden, nama Kontamale terdiri dari dua kata yakni Konta dan Male. Konta berarti pegang dan male berarti layu.

Mereka berdua kemudian mendatangi goa tersebut untuk mandi. Tak lama setelah itu keduanya saling setuju untuk menikah dan direstui oleh masing-masing keluarga mereka.

"Kalau menurut warga, nama Kontamale berasal dari cerita itu. Jadi masih banyak yang percaya kalau ada pasangan yang sulit menikah, mereka mandi di goa ini supaya mudah menikah. Mungkin air goa ini bisa meluluhkan orang-orang yang keras hati," kata Aden.

Goa alam ini menjadi andalan warga desa Kontamale untuk mandi, mencuci dan berekreasi. Meski demikian, air di goa tersebut tetap jernih dan tidak pernah kotor.

Saat saya tiba di sana, beberapa ibu-ibu terlihat sedang sibuk mencuci. Sementara, anak-anaknya bermain-main di kolam goa yang lebih kecil.

Sebagai salah satu destinasi pariwisata, Wakatobi ternyata memiliki kearifan lokal yang menarik untuk dikunjungi, selain wisata selam.

Wakatobi sendiri telah ditetapkan menjadi 10 destinasi prioritas pariwisata memiliki sebagai terumbu karang penghalang terbesar di Indonesia, yang kedua di dunia setelah Great Barrier Reef di Australia.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/11/183000327/kaum-jomblo-coba-liburan-ke-goa-kontamale-konon-bikin-enteng-jodoh

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke