Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Dia Kopi Rarobang, Racikan Asli Orang Ambon

Ambon memang bukan penghasil kopi yang terkenal dibanding Toraja dan Gayonya Aceh, tapi Ambon punya racikan kopi yang bisa membuat Anda ketagihan.

Kopi tersebut merupakan modifikasi dari kopi robusta yang diracik dengan jahe putih, madu, dan biji kenari. Sehingga rasa dan teksturnya berbeda, dan layak untuk dicoba.

KompasTravel sempat mencobanya saat berkunjung ke Ambon, dalam acara Culture and Culinary Trip PT JAS Airport Service, di Jalan Said Perintah, Kota Ambon.

Sekilas memang seperti kopi susu yang ditaburi biji kenari. Namun saat diaduk, tidak sekental kopi susu. Selain itu ada ampas jahe dan kopi sedikit, di dasar gelas.

"Racikannya masih rahasia, tapi dari jehe putih, kopi, madu, dan kenari. Hampir semua makan minuman Ambon memang manfaatkan biji kenari," terang Lisa, salah satu juru racik di dapur Kafe Sibu-sibu pada KompasTravel, Sabtu (11/11/2017).

Sayangnya kopi ini baru bisa dinikmati di tempatnya langsung. Yaitu deretan kafe kopi di Jalan Said Perintah. Salah satunya di Kafe Sibu-sibu, yang menjual kopi rarobang Rp 19.000.

*******************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/14/094300127/ini-dia-kopi-rarobang-racikan-asli-orang-ambon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke