Salin Artikel

Yuk Cobain Berendam di Bendungan Kayangan Kulon Progo

Sesuai julukannya, bendungan yang berada di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta ini memang memiliki alam yang dapat membius mata para pengunjungnya.

Bagaimana tidak, lokasi yang tepat berada di Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo ini memiliki pemandangan yang masih asli dan alami.

Suara gemericik air dan aliran sungai yang tak begitu deras langsung menyambut pengunjung yang datang ke kawasan tersebut. Mata pun dimanjakan dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh di sekitar bukit kawasan Bendungan Kayangan.

Tak hanya itu, terdapat tebing hijau yang menjulang tinggi di pinggir sungai. Tebing itu pun menjadi menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang baru pertama kali datang.

Sebab tebing ini merupakan spot foto terbaik di kawasan Bendungan Kayangan. Namun jangan sangka jika di balik keindahannya tebing itu dipercaya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya.

"Tebing Kayangan namanya," kata seorang warga Desa Pendoworejo, Andreas (21), ketika berbincang dengan Kompas.com, Rabu (15/11/2017).

"Dulu tebing ini juga sempat dipakai latihan panjat tebing," kata Andreas.

Tak hanya menikmati pemandangan alam, pengunjung bisa mandi di Bendungan kayangan. Terdapat spot-spot yang airnya tak begitu dalam dan dangkal. Namun pengunjung tetap harus hati-hati lantaran dipercaya terdapat goa bawah tanah di sekitar tebing.

Selain itu, kata dia, bendungan tersebut merupakan pertemuan dua aliran sungai yang berbeda, yakni Sungai Ngiwa dan Sungai Gunturan.

"Kalau belum tahu lokasi sebaiknya berenangnya jangan ke pinggir-pinggir dekat tebing," ujar Andreas.

Bendungan Kayangan ini nantinya juga akan menjadi lokasi digelarnya Kulon Progo Festival (Kulfest) 2017.

Perhelatan yang diinisiasi Maestro tari Didik Nini Thowok ini digelar digelar 24–26 November 2017. Sejumlah kegiatan kebudayaan dan kesenian bakal disajikan dalam perhelatan tiga hari itu.

Didik pun sempat membeberkan sedikit cerita tentang Bendungan Kayangan. Diceritakannya jika keberadaan Bendungan Kayangan itu berkaitan dengan Kerajaan Majapahit.

"Menurut cerita masyarakat, beliau ini Moksa atau tidak ditemukan pemakamannya," tutur Didik.

Untuk menuju lokasi Bendungan Kayangan ini tak begitu sulit. Perjalanan menuju lokasi menghabiskan waktu sekitar 40-50 menit jika menggunakan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung bisa menempuh jalan lurus menuju arah Godean/Kalibawang.

Sesampainya di persimpangan Kalibawang ambil jalan lurus atau arah barat sekitar 10 kilometer. Lokasi Bendungan Kayangan ini berada di sebelah kanan jalan atau tak jauh dari jembatan pertama yang telah dilewati. Ada baiknya bertanya ke masyarakat sekitar jika merasa kebingungan.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/17/120500527/yuk-cobain-berendam-di-bendungan-kayangan-kulon-progo-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.