Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Menginap di Hotel Gantung Purwakarta? Ini Tipsnya!

Sebab, hotel gantung ini berada di ketinggian 500 meter. Untuk sampai di sana, para tamu juga harus memanjat melalui via ferrata (tangga besi) dan nantinya menyeberang menggunakan tyrolean atau tali yang membentang di antara tebing.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang dihimpun KompasTravel, yang harus Anda persiapkan sebelum bermalam di hotel gantung, diantaranya:

1. Patuhi Aturan Pemandu Wisata

Hal utama yang harus diperhatikan adalah aturan yang sudah dijelaskan oleh pemandu wisata. Jangan membandal jika sudah ada aturannya. Sebab, ini juga demi keselamatan Anda selama memanjat sampai hotel dan juga saat berada di hotel gantung.

2. Gunakan Sepatu yang Nyaman

Jangan menggunakan sandal atau pun high heels. Sebaiknya Anda gunakan sepatu gunung atau sepatu running. Intinya Anda bisa menggunakan sepatu yang nyaman. Sebab, medan yang akan ditempuh cukup licin dan terjal. Apalagi ketika Anda harus melalui tangga besi atau via ferrata hingga ketinggian 500 meter.

3. Jangan Pakai Koper

Ketika ingin menginap di hotel gantung, sebaiknya menggunakan backpack atau ransel. Ini akan memudahkan Anda saat memanjat tebing. Sebab, jika membawa koper, tentu tidak akan bisa Anda bawa hingga hotel meski disediakan porter yang membantu mengangkut barang-barang Anda.

4. Bawa Barang Secukupnya

Lagi-lagi soal barang bawaan Anda. Karena di kamar hotel tidak disediakan kamar mandi, maka sebaiknya jangan terlalu banyak membawa barang-barang. Bawa baju ganti secukupnya. Lalu juga perlengkapan lainnya.

Nah, jangan lupa Anda membawa camilan untuk di hotel. Karena di tebing tersebut tidak ada warung atau kafe yang menjual camilan.

5. Pakai Busana yang Aman dan Nyaman

Perjalanan memanjat tebing andesit itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Tak hanya itu, Anda pun akan berkeringat karena memanjat di bawah teriknya sinar matahari. Maka, sebaiknya gunakan busana yang menyerap keringat.

6. Bawa Jaket

Udara di tebing dengan ketinggian 500 meter ini cukup sejuk. Namun, saat malam hari, udara pun cukup dingin. Sehingga jangan lupa ya untuk membawa jaket atau baju hangat.

7. Oleskan Tabir Surya

Ini salah satu hal penting. Nantinya Anda akan beraktivitas lama di luar dan tentunya terkena terik matahari. Jadi, jangan lupa oleskan tabir surya sebelum memulai perjalanan memanjat ke hotel gantung.

8. Gunakan Sarung Tangan

Ketika Anda memanjat, nantinya akan menggunakan via feratta atau tangga besi. Nah, pengalaman KompasTravel usai memanjat tanpa sarung tangan, bau besi akan melekat pada telapak tangan Anda.

9. Mandi sebelum ke Hotel

Karena di hotel tidak disediakan kamar mandi, Anda hanya bisa membersihkan muka atau sekadar menyikat gigi. Jadi sebaiknya mandi terlebih dahulu di basecamp badega parang, karena di sana disediakan kamar mandi.

10. Bawa Air Minum Sendiri

Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah membawa air minum saat memanjat. Karena pasti akan menghabiskan energi dan membutuhkan asupan minum karena kehausan.

11. Makan yang Cukup

Sebelum Anda memanjat, pastikan sudah makan. Karena dengan waktu tempuh yang cukup lama untuk pemula, sehingga ini sebagai tabungan energi saat memanjat tebing.

12. Perhatikan Kondisi Badan

Kondisi badan Anda menjadi salah satu hal penting. Jika Anda ingin menginap di sana, maka harus memastikan kondisi badan segar bugar.

13. Memanjat secara Perlahan tapi Pasti

Sebaiknya jangan terburu-buru ketika memanjat dengan via ferrata. Karena terkadang tangga besi pun beberapa ada yang licin. Apalagi ketika medannya berkelok. Maka dari itu perlahan saja tetapi pasti bisa sampai hingga hotel gantung.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/24/150840327/ingin-menginap-di-hotel-gantung-purwakarta-ini-tipsnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke