Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sulawesi Selatan Butuh Lebih Banyak Atraksi Wisata

MAKASSAR, KOMPAS.com – Ketua Dewan Pengurus Pusat Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita), Asnawi Bahar, menghimbau kepada pemerintah daerah Sulawesi Selatan agar dapat menambah atraksi wisata di daerah tersebut.

“Tourism itu tidak single destinasi, mungkin (Sulawesi Selatan) harus perbanyak atraksi. Atraksi itu komponen penting, jadi bisa dimasukkan ke dalam paket-paket yang ditawarkan,” kata Asnawi saat ditemui di Makassar, Kamis (23/11/2017).

Asnawi menjelaskan selain atraksi, diperlukan pula penambahan destinasi seperti halnya pulau-pulau yang ada di Sulsel. Menurut dia, banyak pulau di Sulsel yang indah dan alami, sehingga bisa dijadikan destinasi wisata.

“Saya pikir di sini (Sulsel) banyak tokoh dan pengusaha besar yang bisa melakukan investasi sehingga atraksi bisa dibuat. Makassar juga hub Indonesia Timur, sehingga bisa mendatangkan banyak wisatawan,” kata dia.

Salah satu destinasi yang ada di Sulawesi Selatan adalah Toraja. Bagi Asnawi, Toraja harus lebih banyak di-branding lagi. Sebab, jika dibandingkan dengan Labuan Bajo, Toraja dapat dikatakan tertinggal.

Karena setiap daerah memiliki keunikan masing-masing, lanjutnya, Toraja dapat di-branding lebih baik.

“Kan bandara juga sudah dibangun (di Palopo), nanti kan jadi lebih cepat ke sana, sehingga diharapkan tahun depan (jumlah wisatawan) meningkat,” kata Asnawi.

Dengan demikian, penambahan destinasi wisata di Sulawesi Selatan harus dikerjakan berasama oleh pemerintah daerah juga pemerintah pusat. Direncanakan, diprogramkan, dan dibuat parameternya.

Asnawi juga menghimbau untuk melihat kepuasan pelanggan dan seberapa baik produk yang telah ditawarkan. Dari sana, para pelaku usaha pun dapat mengetahui seberapa bagus produk dan keberhasilannya dari kepuasan konsumen.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/26/090400527/sulawesi-selatan-butuh-lebih-banyak-atraksi-wisata

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke