Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gunung Agung Kembali Meletus, 4 Penerbangan Maskapai Asing Batal ke Bali

JAKARTA, KOMPAS.com – Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali kembali meletus pada Sabtu sekitar pukul 17.30 Wita dengan abu vulkanik setinggi 1.500 meter di atas puncak gunung.

Dalam siaran pers yang diterima KompasTravel, Manajemen Bandara Angkasa Pura I menjelaskan sudah melakukan pengamatan dan pengawasan terkait dengan keselamatan operasi penerbangan. Terutama pada dua bandara yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Lombok Praya.

“Berdasarkan hasil pengamatan satelit milik BMKG dan hasil pantauan visual beberapa pilot yang terbang di atas Bali, kondisi Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Lombok Praya saat ini belum terkena dampak peningkatan aktifitas Gunung Agung. Bandara masih beroperasi secara normal, aman dan lancar,” kata Corporate Secretary AP I, Israwadi dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Namun, kata Israwadi, ada beberapa maskapai yang memutuskan untuk membatalkan penerbangannya dari dan ke Bali.

“Memang ada empat maskapai asing yaitu Jetstar Australia, Virgin Australia, KLM, Qantas yang membatalkan penerbangannya ke Bali. Sebagian besar adalah rute dari dan ke Australia. Totalnya ada 16 penerbangan. Dan ini sepenuhnya meupakan kebijakan masing-masing airline, karena bandara sendiri masih beroperasi normal,” kata Israwadi.

Pihak AP I di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menyiapkan Repacking Area. Letaknya sendiri berada di area terminal keberangkatan internasional. Repacking Area dapat digunakan sebagai tempat berkumpul atau beristirahat untuk calon penumpang yang tidak dapat kembali ke hotel.

Terkait dengan adanya letusan Gunung Agung, Israwardi juga mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait di bandara sesuai prosedur Airport Disaster Management Plan. Antara lain dengan BMKG, Airnav Indonesia, Otoritas Bandara Wilayah IV dan maskapai.

Adapun antisipasi yang akan dilakukan, ialah berkoordinasi dengan BMKG, Perum LPPNPI, dan pihak maskapai dan menyiapkan pembukaan Crisis Center di bandara. Juga fasilitas penunjang lainnya seperti layanan Hotline Contact Center 172, help desk maskapai untuk penumpang, dan media center untuk awak media massa.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/26/100700827/gunung-agung-kembali-meletus-4-penerbangan-maskapai-asing-batal-ke-bali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke