Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan di Gresik, Tak Ada Salahnya Kunjungi Pantai Dalegan

Obyek wisata ini terletak 40 kilometer dari pusat kota Gresik, yang bisa ditempuh dengan menggunakan jalur darat.

Meski berada di wilayah Kabupaten Gresik, namun lokasi Pantai Dalegan juga sebenarnya tidak jauh dari Lamongan. Sehingga lokasi destinasi wisata ini bisa ditempuh melalui Gresik maupun Lamongan.

“Di sini memang yang ramai itu pada saat liburan saja. Kalau hari-hari biasa, pengunjungnya nggak terlalu ramai. Tapi kalau sudah waktu liburan, bisa penuh pantai itu,” ujar salah satu pedagang yang ada di Pantai Dalegan, Mustika (40), Rabu (29/11/2017).

Dengan luas sekitar 2,5 hektar, di mana secara geografis wilayah utara Kabupaten Gresik berbatasan langsung dengan Laut Jawa, Pantai Dalegan memang menyajikan hamparan pasir putih dengan dipadu konsep wisata air pada umumnya seperti permainan ban, layang-layang, sewa perahu, hingga memancing.

Hamparan pasir putih dipadu dengan ombak yang tidak terlalu tinggi, Pantai Dalegan memang cocok sebagai salah satu tempat wisata bagi keluarga dan anak-anak. Di mana untuk hari biasa, pengunjung pantai Dalegan diperkirakan berjumlah puluhan, sementara kalau liburan bisa mencapai ratusan hingga ribuan pengunjung.

“Biasanya kalau yang paling ramai, selama saya berjualan di sini, itu pada saat libur panjang, setelah hari raya dan tahun baru,” tutur Mustika yang sudah enam tahun berjualan di pantai Dalegan.

Pelampung dari ban bekas ini bisa digunakan untuk menikmati air laut, sekaligus becanda dengan buah hati. Di mana pembayaran sewa untuk pelampung itu bersifat sepuasnya, sampai pengunjung pulang.

“Sekali bayar dan tidak dibatasi waktu. Kalau pengunjung sudah bayar, ya bisa dipakai sepuasnya sampai mereka mau pulang,” kata salah satu pihak yang menyewakan pelampung dari ban bekas, Azizah (36).

Dengan membayar tarif sebesar Rp 10.000 untuk per satu orang, pengunjung akan diantar oleh nelayan menikmati pemandangan tengah laut.

“Kebetulan saya tadi sama teman, niatnya datang ke sini untuk mancing. Makanya, saya tidak ingin mencoba wahana yang lain, meski ini pertama kalinya saya ke sini. Mungkin lain waktu kalau sama keluarga, saya akan coba wahana yang lain,” kata pengunjung asal Mojokerto, Adi Purwanto (25).

Dikelola Pihak Desa

Obyek wisata Pantai Dalegan atau biasa juga dikenal dengan Wisata Segoro Indah Delegan, hingga saat ini rupanya masih dikelola oleh pihak desa setempat. Meski terdapat struktur pengelola, namun dana yang berhasil dikumpulkan menjadi pemasukan Desa Dalegan.

“Untuk pendapatan, semua masuk kas desa. Namun 15 persen dari tiap karcis pengunjung dan 20 persen dari tiket parkir, kami serahkan kepada Pemkab Gresik,” kata Kepala Desa Dalegan, Muhammad Qolib.

Bagi setiap pengunjung Pantai Dalegan, bakal dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk pengunjung dewasa, dan Rp 6.000 bagi anak-anak. Sementara untuk setiap sepeda motor yang masuk diharuskan membayar Rp 2.500, sedangkan mobil Rp 5.000 dan bus Rp 10.000.

Dengan ongkos yang relatif cukup terjangkau, tidak ada salahnya menjadikan Pantai Dalegan sebagai salah satu destinasi wisata saat berlibur, terlebih bagi Anda yang ingin meluangkan waktu libur bersama keluarga.

https://travel.kompas.com/read/2017/11/30/091200827/liburan-di-gresik-tak-ada-salahnya-kunjungi-pantai-dalegan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke