Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Hari Ini Pendakian TN Gunung Gede Pangrango Kembali Dibuka

Namun, mulai Sabtu (9/12/2017) kegiatan pendakian di TN Gunung Gede Pangrango kembali dibuka.

“Iya besok sudah dibuka, kita juga membuka bedasarkan rekomendasi dari BMKG,” kata Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Herry Subagiadi kepada KompasTravel saat dihubungi, Jumat (8/12/2017) malam.

Keputusan pembukaan kembali jalur pendakian dilakukan bedasarkan rekomendasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bogor. Melihat cuaca sekitar dari hasil pemantauan lapangan oleh petugas TN Gunung Gede Pangrango sudah dapat berlangsung kegiatan pendakian hingga 31 Desember 2017.

“Sampai akhir Desember, karena Januari memang penutupan rutin tahunan. Di bulan itu cuaca di atas (gunung) ekstrem, berbahaya untuk pendaki,” kata Herry.

Sebelumnya TNGGP ditutup sejak Kamis (30/11/2017), Herry menjelaskan, terjadi cuaca yang ekstrem saat itu, hujan dan badai terus terjadi karena adanya badai di laut selatan Jawa. Sehingga berdampak pula pada pendakian karena cuaca tak menentu.

“Demi keselamatan pendaki, kebijakan dari kita menutup sementara sampai cuaca tidak begitu ekstrem. Kita akan bekerjasama dengan BMKG khususnya untuk cuaca di Jabar. Jika cuaca tidak memungkinkan tetap ditutup,” kata Herry.

Cuaca ekstrem yang dimaksudkan yakni hujan lebat, udara yang sangat dingin, dan ada sekitar tiga titik puting beliung yang terlihat di TNGGP. (*)

https://travel.kompas.com/read/2017/12/09/104700627/mulai-hari-ini-pendakian-tn-gunung-gede-pangrango-kembali-dibuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke