Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Cara Menuju Istana Panda di Taman Safari Cisarua?

Sepasang panda yakni Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) dari China sudah bisa dikunjungi di Istana Panda sejak tanggal 26 November 2017.

Nah, bagaimana cara untuk sampai di Istana Panda dan melihat hewan yang menggemaskan itu?

Group Head Marketing Taman Safari Indonesia, Triyoba Nataria mengatakan Istana Panda dibuka sejak pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

“Tapi untuk bisa sampai ke sana tidak bisa pakai kendaraan pribadi. Nanti (pengunjung) harus pakai shelter panda,” kata Triyoba kepada KompasTravel saat dihubungi, Sabtu (9/12/2017).

Sementara itu, senada seperti yang dikatakan Humas Taman Safari Indonesia, Yulius bahwa pengunjung harus naik bus tersebut karena menghindari suasana bising akibat kendaraan. Oleh karena itu, posisi Istana Panda berada di paling atas area Taman Safari Indonesia.

Adapun bus yang melayani wisatawan dari shelter khusus panda ke Istana Panda, mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan jalan pulang dari Istana Panda ke shelter hingga pukul 17.00 WIB. Satu kali perjalanan bus, memuat 90 orang dengan kursi berbaris.

Sesampainya di Istana Panda, kata Triyoba, pengunjung akan memasuki bangunan tiga lantai. Di lantai pertama terdapat toko souvenir yang semuanya bernuansa panda. Kemudian di lantai dua terdapat restoran dan lantai tiga merupakan pusat edukasi.

“Jadi (pengunjung) bisa berkeliling dan mengetahui tempat asal panda dari mana, ada teater dokumentasi edukasi dengan durasi lima menit. Selesai itu, baru dibukakan tirai langsung kelihatan exhibit (ruang) panda indoor, lalu outdoor,” kata Triyoba.

Beberapa waktu lalu KompasTravel pun berkesampatan untuk berkunjung ke Istana Panda. Istana tersebut selain memang megah, juga didesain senyaman mungkin untuk panda dan wisatawan. Ciri khas oriental tertata apik di setiap sudut ruangan, suara speaker, hingga wisatawan tak sadar lantai yang sedang diinjak berbentuk panda.

Di Istana Panda terdapat wahana edukasi, mulai dari maket habitat asli panda di Cagar Alam Nasional Wolong, Chengdu. Lalu wisatawan bisa menelusuri goa tempat panda berlindung dari gempa dahsyat yang mengguncang China beberapa tahun lalu.

Salah satu yang unik ialah wahana bioskop. Wisatawan akan disuguhkan film tentang panda, dan prosesi kedatangan panda dari Chengdu ke Bogor. Setelah lima menit film selesai, barulah tirai samping teater dibuka, dan terlihat Cai Tao yang menggemaskan sedang asyik melahap bambu sembari tidur.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/10/162100427/bagaimana-cara-menuju-istana-panda-di-taman-safari-cisarua-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke