Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Empat Hari, Wisata Jalan Kaki 100 Kilometer di Banyuwangi

Agustina, koordinator Camino De Ijen saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/12/2017) mengatakan selama ini para wisatawan jika ingin berkunjung ke destinasi wisata selalu menggunakan alat transportasi sehingga muncul ide untuk mencoba sesuatu yang baru yaitu dengan berjalan kaki.

"Jika berjalan kaki tentunya ada interaksi dan juga pengalaman baru sehingga kita buat trip dengan berjalan kaki di desa-desa sekitar Gunung Ijen, melewati sawah dan perkebunan serta menengok aktivitas warga termasuk menginap di rumah mereka," kata Agustina.

Untuk hari pertama, jalur yang dilewati wisatawan sejauh 15 kilometer yang diawali dari Pantai Pulau Santen menuju ke desa Macan Putih dan mereka melewati area pantai dan persawahan serta menginap di rumah warga.

Di hari berikutnya, para pejalan diajak mengunjungi Taman Langit, melewati hutan pinus dan berjalan menuju rest area Jambu di desa Tamansari dengan jarak tempuh 10 kilometer.

"Perjalanan terakhir adalah menuju Ijen untuk melihat blue fire dan sunset. Dan kami juga ajak mereka untuk berkunjung di beberapa tempat perkebunan kopi, karet, cengkeh dan mahoni termasuk juga ke Jawatan yang terkenal dengan hutan lord of the ring-nya Banyuwangi," katanya.

Untuk paket wisata jalan kaki yang digagas Camino De Ijen dimulai awal Desamber 2017 dan diikut oleh tujuh peserta dari Jakarta dan Sumatera. Mereka mendaftar melalui media sosial. "Saya optimis wisata jalan kaki ini akan berkembang," cetusnya.

Sebelumnya, rombongan komunitas Sarekat Ngobong Kalori Yogyakarta juga menikmati keindahan Banyuwangi dengan berjalan kaki selama empat hari.

”Wisata jalan kaki ini senang-senang sambil menyehatkan badan. Biasanya kita ini wisata terus kulineran tidak terkontrol, tapi ini ada paket wisata jalan kaki. Luar biasa. Silakan dirasakan. Ini layak dicoba,” imbuh Anas.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/11/091100927/empat-hari-wisata-jalan-kaki-100-kilometer-di-banyuwangi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke