Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PHRI Luncurkan Situs Tandingan Online Travel Agent

Ketua Umum PHRI, Haryadi Sukamdani, mengatakan situs bookingina.com diharapkan dapat meningkatkan industri perhotelan secara mandiri, dan tak kalah dari Online Travel Agent (OTA).

“Bookingina.com ini menjadi pilihan untuk wisatawan pengunjung hotel selain OTA. Banyak kemudahan yang didapat nantinya, untuk pihak hotel juga para wisatawan,” ujar Haryadi saat soft launching situs tersebut di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Dalam situs tersebut, pengunjung bisa langsung pesan kamar di berbagai kota seluruh Indonesia. Sampai saat ini tersedia 23.000 hotel anggota PHRI yang sudah masuk dalam reservasi bookingina.com.

Meski begitu, Haryadi mengatakan membuka lebar peluang bagi hotel yang belum masuk keanggotaan PHRI untuk ikut bookingina.com.

“Website tersebut dapat diakses mobile ataupun desktop, fasilitasnya akan menyamai OTA dengan layanan customer service dan yang lainnya,” terang Ricky Theodores selaku developer website dari PT Maia Putra Lestari dalam kesempatan yang sama.

Keunggulan

“Karena ini mandiri dari PHRI, hotel-hotel akan dikenakan share biaya yang minim dibanding OTA. Hanya 12 persen untuk anggota PHRI, dan 15 persen untuk yang belum bergabung PHRI,” ujar Haryadi.

Menurut ia, selama ini hotel kerap mendapat keuntungan yang tipis jika bergabung di beberapa OTA tertentu. Ada yang menetapkan share biaya mulai 17 hingga 35 persen. Menurutnya ini sangat merugikan, terutama bagi hotel individual yang tidak punya banyak kamar tapi harus menekan bujet.

Haryadi meyakinkan dengan minimnya share biaya, hotel akan mendapat profit yang lebih proporsional. Selain itu juga pengunjung atau wisatawan bisa mendapat harga yang kompetitif.

Selain itu, Haryadi juga menjamin untuk pelayanan sendiri akan lebih baik terutama saat kondisi darurat bencana seperti sekarang.

Ia mencontohkan ketika erupsi Gunung Agung, para tamu yang booking lewat OTA tidak mendapat fasilitas lebih saat keadaan mendesak. Menurutnya yang turun tangan memberikan penginapan gratis, diskon, dan pelayanan lainnya ialah anggota PHRI yaitu hotelnya langsung.

Sedangkan hotel juga bisa lebih bebas menentukan ragam promonya sendiri, menyisipkan promosi-promosi yang sifatnya spesifik. Diskon dan promo lainnya akan diatur langsung oleh hotel yang bersangkutan.

“Sehingga hotel akan lebih kreatif menentukan promo yang beragam,” tutupnya.

Situs ini baru akan resmi diluncurkan dan mulai bisa digunakan awal tahun 2018 kwartal pertama. Saat ini PHRI terus menjalin kerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk bersinergi mempromosikan situs tersbut.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/11/163153227/phri-luncurkan-situs-tandingan-online-travel-agent

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke