Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kolam Renang Umum di Jepang dan Aturannya yang Ketat

KompasTravel berkunjung ke kolam renang ini saat menginap di Club Med Tomamu, Sabtu (9/12/2017). Kebetulan jarak Mina Mina Beach hanya 200 meter dari lobi Club Med Tomamu.

Saat meminjam handuk kepada petugas, mereka akan memberi kertas peraturan khusus pengunjung yang terdiri dari berbagai pilihan bahasa seperti Jepang, China, dan Inggris. Berikut aturannya:

1. Anak-anak dibawah usia 15 tahun harus ditemani orang tua atau wali yang berusia di atas 18 tahun. Jika tidak, tidak diizinkan berenang. Jaga anak setiap saat, berbahaya bagi anak berenang sendiri.

2. Bilas badan di pancuran sebelum masuk kolam renang.

3. Hindari masuk kolam jika memiliki penyakit menular, kondisi fisik yang dilarang masuk air, atau dalam kondisi dipengaruhi minuman beralkohol.

4. Tato dan sticker tidak boleh diperlihatkan, harus ditutupi dengan plester tato atau rashguard (baju renang sangat ketat).

5. Dilarang berenang tanpa baju renang.

6. Jangan berenang sampai ke dasar atau berpura-pura tenggelam, karena akan mengganggu penjagaan dan sangat berbahaya.

8. Jika tidak setuju dengan instruksi dari staf maupun penjaga kolam, akses ke fasilitas akan ditolak.

9. Jika mengidap kondisi fisik tertentu atau tidak percaya dengan kebugaran tubuh, gunakan fasilitas sesuai kondisi.

10. Pihak pengelola tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang atau kecelakaan karena kecerobohan. Anak usia di bawah enam tahun harus selalu menggunakan jaket penyelamat atau pelampung. Gunakan sesuai ukuran anak Anda.

Saat berenang, ada banyak penjaga yang terus berdiri mengawasi pengunjung dengan mata cukup awas. Meski banyak peraturan, tentunya masih dapat berenang dengan senang jika menaati peraturan tersebut.

Harga tiket masuk ke Mina Mina Beach yang sudah termasuk pemandian air panas umum dihargai 2.500 yen per orang atau setara dengan Rp 300.000 bagi orang dewasa. Tiket masuk anak-anak dihargai 1.000 yen atau setara Rp 123.000. Bagi tamu resor setempat seperti Club Med tidak dikenakan biaya masuk tambahan.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/14/130700027/kolam-renang-umum-di-jepang-dan-aturannya-yang-ketat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke