Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Kutub Utara

Usut punya usut, Kutub Utara dikenal sebagai tempat tinggal para Santa Claus. Ada beberapa fakta unik yang bisa Anda ketahui bila tahu tentang tempat asal sang Santa Claus.

Dilansir dari situ travelandleisure, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Kutub Utara. 

Di mana Kutub Utara?

Pertama-tama mungkin banyak dari Anda yang berpikir bahwa Kutub Utara secara geografis juga dikenal sebagai Kutub Utara secara terestrial. Nyatanya, Kutub utara merupakan tempat yang berlokasi di atas bumi, titik paling utara di planet ini, dan pusat belahan bumi utara.

Jika Anda melihat ke peta Kutub Utara, Anda akan melihat bahwa tidak seperti Kutub Selatan Antartika, Kutub Utara tidak memiliki serta terletak pada masa daratan. Meskipun terkadang tertutup oleh lapisan es laut yang mengapung.

Walaupun tidak memiliki tanah yang bisa diklaim, Kutub Utara beserta laut dan daerah sekitarnya tidak dapat diklaim teritorialnya oleh suatu negara. Hal tersebut berlaku sama untuk kembarannya, Kutub Magnetik Utara.

Kutub Magnetik Utara tidak dapat diklaim oleh suatu negara karena terkait pergeseran lokasi dari waktu ke waktu akibat perubahan magnetik di inti bumi. Namun, pada umumnya berada di Lingkaran Arktik, tidak jauh dari Kutub Utara Geografis.

Wilayah Arktik pada umumnya merupakan obyek perdebatan teritorial antara Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Norwegia, dan Denmark, yang mengklaim atas kawasan Kutub Utara, menurut Bloomberg.

Bagaimana Cuaca di Kutub Utara?

Seperti yang bisa Anda perkirakan bahwa disini cuaca sangatlah dingin. Saat musim panas datang, temperatuh cuaca bisa mencapai 32 derajar Fahrenheit atau setara dengan titik beku air. Kemudian saat musim dingin datang, suhu akan turun jauh lebih rendah sekitar rata-rata 40 derajat Fahrenheit.

Kutub Utara adalah tanah yang ekstrem. Karena sumbu miring Bumi saat berputar mengelilingi matahari, sinar matahari konstan atau tidak hadir sama sekali tergantung musimnya, menurut National Geographic.

Saat musim panas, matahari akan selalu berada di atas cakrawala di Kutub Utara. Hal itu berarti matahari terbenam selama 24 jam.

Saat musim dingin, matahari selalu berada di bawah cakrawala. Seluruh wilayah kutub utara akan dalam kegelapan total selama total 24 jam.

Di Kutub Utara sendiri hanya mengalam satu kali matahari terbir dan terbenam setiap tahun yakni di equinox bulan Maret dan equinox bulan September.

Menurut ilumwan NASA, Iklim kutub utara juga bisa berubah akibat pemanasan global. Tercatat bahwa suhu dan mencairnya lapisan es di Kutub Utara telah mengkhawatirkan ekosistem dengan satwanya dan dikhawatirkan permukaan laut akan naik dan membanjiri kota-kota di pesisir.

Apakah Kutub Utara menjadi tempat Santa Claus berkumpul?

Tentu saja!  Namun tidak di Kutub Utara Geografis karena lapisan es yang akan selalu bergeser membuat sulit untuk emngoperasikan tempat seluruh hadiah natal.

Sebaliknya, tempat Santa Claus berkumpul terletak di Kutub Utara yang berbeda, Kutub Utara, New York yang merupakan desa di kota Wilmington. Di sini, pengungjung bisa menjelajahi desa cahaya sambil menonton pertunjukan live musik bertemakan natal sambil duduk bersama sang Santa Claus.

Fakta menarik bahwa terdapat Kutub Utara di Amerika yang dapat dikunjungi para wisatawan yakni  Alaska. Walaupun belum dijadikan sebagai basecamp para Santa Claus tetapi kota ini terkenal dengan dekorasi Natal dan rumah Santa Claus.

https://travel.kompas.com/read/2017/12/14/175500527/3-hal-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-kutub-utara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke